Labkes Kalsel Buka Pelayanan Tes Swab PCR, 1.000 Sampel COVID-19 Telah Diperiksa

Kepala UPT Labkes Kalsel Susi Hermina saat di temui Media Center di Kantor Setempat, Banjarmasin, Senin (9/8/2021). MC Kalsel/tgh

UPT Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Kalimantan sejak tanggal 8 Juli 2021 membuka pelayanan Tes Swab PCR dan tes antigen bagi masyarakat umum di Kalsel.

“Jadi kami sejak 8 Juli telah membuka pelayanan tes swab PCR bagi masyarakat umum,” kata Kepala UPT Labkes Kalsel, Susi Hermina saat di temui Media Center di Kantor Setempat, Banjarmasin, Senin (9/8/2021).

Susi Hermina mengatakan tarif pemeriksaan Tes Swab PCR di Labkes sendiri sebesar Rp900.000,00. Sedangkan untuk swab antigen Rp270.000,00. “Jadi tarif pemeriksaan sesuai dengan Perda Kementerian Kesehatan batas maksimal tarif pemeriksaan,” ucapnya.

Menurutnya, Labkes sendiri sejak membuka pelayanan Swab PCR berhasil memeriksaan hampir 1.000 sampel COVID-19. “Dari 1.000 sampel tersebut ditemukan 145 sampel reaktif atau positif,” tuturnya.

Selain itu, Labkes dalam memberikan pelayanan pemeriksaan Test Swab PCR, sehari mampu memeriksa 70 hingga 80 sampel COVID-19. Bahkan ada sampai dua kali PCR. “Prosesnya memakan waktu berjam-jam. Setelah itu, proses pemeriksaan PCR baru bisa dilakukan. Rata-rata waktu yang dipakai untuk satu kali PCR, sekitar 6 jam,” ungkapnya.

Walau keterbatasan SDM kesehatan yang dimiliki Labkes, pihaknya tetap memberikan pelayanan yang prima. Satu minggu tiga kali yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu. Bahkan pihaknya telah didukung oleh Sekda Kalsel dengan adanya bantuan relawan. Kalau bantuan relawan sudah ada, pelayanan Swab PCR di Labkes akan buka tiap hari.

“Idealnya satu tim petugas Swab PCR ada 8 orang. Namun untuk kami hanya mempunya 7 orang saja. Itupun mereka setiap hari tanpa ada istirahat, PCR beda dengan uji klinik yang lainnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui persyaratan dalam melakukan pemeriksaan swab PCR cukup mengisi formulir dan melampirkan fotokopi KTP dan jam operasional pengambilan sampel dari pukul 7.30 sampai dengan 9.00 Wita khsusus PCR, sedsngkan hasil pemeriksaan bisa diambil pukul 15.00 Wita. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai