Tinjau IPL Kalsel, Menko PMK Dorong Masyarakat Manfaatkan Perpustakaan

Menko PMK, Muhadjir Effendy (topi) saat berinteraksi dengan pengunjung Perpus Palnam, di Banjarmasin, Rabu (4/8/2021). Dispersip Kalsel/dok

Meninjau capaian Indeks Pembangunan Literasi (IPL) tertinggi se-Indonesia yang diraih Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, didampingi Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA mengunjungi kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, di Banjarmasin, Rabu (4/8/2021).

Disambut Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani, rombongan langsung dibawa menuju ruang perpustakaan umum atau Perpus Palnam. Disana, Menko PMK tidak lupa berinteraksi dengan pengunjung.

Dari hasil peninjauan, Menko PMK mendorong masyarakat Banua untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang Ia nilai sangat baik, guna meningkatkan kecerdasan dan indeks kegemaran membaca.

“Pesan saya agar masyarakat memanfaatkan betul perpustakaan yang sangat bagus dan refresentatif ini, agar dapat meningkatkan kegemaran membaca dimanapun dan kapanpun,” kata Muhadjir.

Hal senada diungkapkan Penjabat Gubernur Kalsel, yang turut memuji dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kegemaran membaca.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan secara simbolis bantuan mobil perpustakaan keliling kepada Pemerintah Kabupaten Tabalong, pojok baca digital kepada Polres Banjarbaru, dan bantuan lainnya.

“Manfaatkan fasilitas yang disediakan, baik secara langsung maupun digital, melalui e-Kalsel,” kata Safrizal.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel merasa sangat senang atas perhatian yang diberikan, dan berharap dapat mendukung kemajuan IPL dan kegemaran membaca masyarakat di Banua.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil survei Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Kalsel mendapat predikat tertinggi dalam IPL se-Indonesia dengan nilai 48,7. Namun, indeks kegemaran membaca masih berada di posisi 17 dari 34 provinsi, sehingga Dispersip Kalsel berupaya keras untuk meningkatkan hal ini.

“Alhamdulilah, semoga kami dapat mempertahankannya dengan kerja sama semua instansi dan stakeholder terkait, karena ini tidak bisa dicapai jika tidak bekerja sama secara berkelanjutan,” ucap Nurliani. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai