Kunjungi Kantor Pos Banjarmasin, Menko PMK Minta Penyaluran Bansos Door to Door

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (dua kanan) meninjau penyaluran Bansos PPKM Level IV kepada KPM, di halaman Kantor Pos Banjarmasin, Rabu (4/8/2021). MC Kalsel/Ar

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, meninjau proses penyaluran bantuan sosial (Bansos), di Kantor Pos Banjarmasin, Rabu (4/8/2021).

Muhadjir meminta agar penyaluran Bansos di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 ini bisa dilakukan langsung ke rumah atau door to door, guna menghindari kerumunan.

“Jadi, penyaluran Bansos akan lebih efektif apabila dilakukan langsung ke rumah-rumah saja dan tidak mengumpulkan di tempat seperti ini,” kata Muhadjir.

Muhadjir menekankan, Kantor Pos harus lebih aktif dalam penyaluran Bansos ke rumah-rumah, agar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak kesusahan mengeluarkan biaya transportasi untuk datang mengambil Bansos.

“Paling tidak, bansos disalurkan ke RT/RW dengan melibatkan Dasa Wisma, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk lebih mudah membagikan Bansos ke warga yang berhak menerimanya,” ujar Muhadjir.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Banjarmasin, Lilik Wahyu Saptono mengatakan pihaknya sudah mulai menyalurkan Bansos langsung ke rumah penerima, meskipun masih belum menjangkau keseluruhan.

“Memang untuk pengantaran hanya kepada mereka yang tidak bisa mengambil langsung karena sakit ataupun lanjut usia (Lansia), sehingga Bansos harus diantar langsung ke rumah yang bersangkutan,” kata Wahyu.

Diketahui, Bansos disalurkan kepada 23.830 KPM, yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 13.657 KPM menerima beras 10 kilogram dan 10.173 KPM menerima beras 10 kilogram beserta uang tunai sebesar Rp600.000,00. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai