Bangun Kebersamaan, 44 Klien PSBW Melati Ikuti Outbound

Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati menggelar outbound bagi 44 klien angkatan XXVI tahun 2021, setelah menjalani orientasi dan pengenalan lingkup panti selama sepekan terakhir.

Kepala PSBW Melati, Fathul Jannah mengatakan kegiatan outbound bertujuan untuk menumbuhkan semangat, jiwa kebersamaan, kekompakan, dan kerja sama antar klien.

“44 klien dari berbagai kabupaten/kota kita satukan dalam kegiatan outbound kali ini agar ada rasa kesetiakawanan dan menambah semangat untuk menimba ilmu enam bulan ke depan. Nantinya, mereka saling terbiasa berteman sehingga tidak asing dengan satu sama lain,” kata Fathul Jannah, di Kiram Park Kabupaten Banjar, Sabtu (17/7/2021).

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan PSBW Melati, Asful Anwar mengatakan pihaknya melibatkan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kalimantan Selatan (Dinsos Kalsel) untuk memberikan pelatihan serta permainan.

“Dengan dibantu kawan-kawan Tagana Kalsel dengan permainannya, klien bisa berpikir dan berperilaku positif, mandiri, serta pantang menyerah,” kata Asful.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos Kalsel, Achmadi menyebutkan Tagana Kalsel telah menyiapkan sejumlah permainan, termasuk untuk melatih kecakapan menghadapi bencana.

“Ada namanya jebakan tikus. Itu melatih para klien agar dalam hidup harus berhati-hati jangan sampai celaka apalagi mencelekai teman. Ada juga ular tangga yang mengajarkan kita tentang naik dan turun di kehidupan. Selain itu kita latih mereka dalam pemadaman api,” ucap Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai