Koordinasi COVID-19, Dinkes Kalsel Bangun Kerjasama Dengan Lintas Sektor

Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel mengadakan kegiatan Kemitraan Jejaring Kerja Lintas Program, Lintas Sektor (Ormas, Dunia Usaha, Organisasi Profesi, TP-PKK) Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Kamis (1/7/2021). MC Kalsel/tgh

Promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat memegang peranan penting dalam menangani permasalahan kesehatan. Maka dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel mengadakan kegiatan Kemitraan Jejaring Kerja Lintas Program, Lintas Sektor (Ormas, Dunia Usaha, Organisasi Profesi, TP-PKK) Provinsi Kalsel di Banjarmasin.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan kegiatan ini sangat penting sekali dalam penanganan COVID-19 dan program vaksinasi.

“Apalagi perkembangan kasus COVID-19 menunjukkan tren kenaikan setelah lima pekan pasca liburan Idulfitri, terutama di beberapa daerah yang sudah masuk zona merah,” kata Muslim, Kamis (1/7/2021).

Untuk menekan laju peningkatan kasus COVID-19, Pemerintah melakukan tindakan yang cepat, dengan melakukan penguatan PPKM Mikro serta mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi.

“Sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas Penanganan COVID-19 di Jakarta, bahwa Pemerintah akan menguatkan dan memastikan implementasi kebijakan penanganan COVID-19, baik di hulu maupun di hilir,” ujar Muslim,

Apalagi menyikapi tingginya proporsi keterpaparan COVID-19 pada anak usia 0-18 tahun baik secara nasional (12,5%) maupun di Provinsi Kalsel (14,7%) serta tingginya angka kematian akibat COVID-19 pada anak usia 0-18 tahun (3-5%), maka diperlukan upaya yang mengedepankan pendekatan promotif dan preventif dengan menggalang dukungan dan keterlibatan semua komponen masyarakat melalui jalinan kemitraan.

Menurutnya, penggalangan kemitraan promosi kesehatan pada masa pandemi COVID-19 bertujuan untuk meningkatnya daya tanggap dan sinergitas para mitra dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dan tanggap terhadap pencegahan penularan COVID-19 di tiap tingkatan administrasi.

“Kegiatan ini sangat penting dan strategis, sebagai momentum untuk meningkatkan daya tanggap dan sinergitas para mitra terkait dalam melakukan penguatan koordinasi, penanaman kesadaran bersama dan penggalangan komitmen agar upaya pencegahan penularan COVID-19 dapat terwujud sehingga akan menurunkan angka yang terpapat dan kematian,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kalsel, Nurul Ahdani mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan peran dalam mendukung dan bergerak bersama dalam pelaksanaan kegiatan Germas, posyandu dan stunting di tingkat Kabupaten/Kota.

“Diharapkan dengan kerjasmaa ini dapat saling berkomitmen untuk memberikan edukasi ke masyarakat akan bahayanya COVID-19 dan mampu mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi,” kata Nurul. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai