Rakor Kepemudaan Hasilkan 7 Rekomendasi Peningkatan Program Kepemudaan

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah menutup secara resmi Rapat Koordinasi Bidang Kepemudaan Provinsi Kalimantan Selatan yang melibatkan unsur kepemudaan di 13 Kabupaten/Kota di Hotel Berbintang, Banjarmasin, Sabtu (5/6/2021). MC Kalsel/tgh

Rapat Koordinasi Bidang Kepemudaan Provinsi Kalimantan Selatan yang melibatkan unsur kepemudaan di 13 Kabupaten/Kota telah selesai dilaksanakan.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari terhitung dari tanggal 3-5 Juni 2021 dengan jumlah peserta 117 tersebut resmi ditutup oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah di Hotel Berbintang, Banjarmasin.

Hermansyah mengucapkan terimakasih kepada para panitia atas kerja kerasnya dalam menyukseskan kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Kepemudaan ini.

“Kami sudah berusaha maksimal dalam melaksanakan Rakor ini dari pembukaan sampai dengan penutupan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” ucap Hermansyah, Sabtu (5/6/2021).

Menurut dia, Rakor bidang kepemudaan yang diikuti jajaran Kepemudaan baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota telah dihasilkan 7 rekomendasi dalam memajukan program bidang kepemudaan.

“Jadi telah dihasilkan 7 rekomendasi pada Rakor Bidang kepemudaan dalam memajukan program bidang kepemudaan,” kata dia.

Tujuh rekomendasi itu meliputi pertama, ingin membangun database kepemudaan. Hal ini harus perlu dibangun agar mempunyai data jumlah pemuda yang produktif.

“Karena ini sangat terkait dengan peningkatan usia produktif pemuda dalam menghadapi demografi,” tuturnya.

Kedua, ingin merekomendasikan dari sisi anggaran. Ketiga, ingin pemuda punya kontribusi terhadap pembangunan. Keempat harus adanya sinkronisasi program antar Dispora Kabupaten/Kota dengan program Provinsi.

“Ini yang kita akan upayakan dan akan diturunkan ke Kabupaten/Kota sehingga rekomendasi yang dihasilkan bisa memperkuat upaya dalam meningkatkan peran pemuda dalam rangka pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia penyelenggara Rokhyatin Effendi mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi antara Pemerintah Provinsi Kalsel dengan Pemerintah Daerah di 13 Kabupaten/Kota di Kalsel.

“Dengan sinkronisasi program tersebut, maka dapat meningkatkan program kepemudaan. Sehingga, kedepannya tercipta generasi pemuda yang handal di Provinsi Kalsel,” kata Rokhyatin. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai