Dinas PMD Kalsel Nilai BUMDes Amanah Batola Layak Menjadi Contoh

Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli. MC Kalsel/Ar

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalimantan Selatan mengapresiasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amanah Desa Karang Indah (Kabupaten Barito Kuala) yang terlibat aktif dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) desa.

Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli mengatakan BUMDes Amanah layak menjadi penggerak perekonomian, dan menjadi contoh bagi BUMDes lainnya.

“BUMDes Amanah adalah salah satu BUMDes yang mendapatkan bantuan hibah dari Pemprov Kalsel berupa modal usaha sebesar Rp50.000.000,00 dan pemberian dana hibah sebagai bentuk komitmen Pemprov Kalsel untuk BUMDes, sehingga BUMDes menjadi pilar kekuatan ekonomi desa yang layak untuk diakomodir oleh pemerintah daerah maupun pusat,” kata Zulkifli, di Banjarbaru, Jumat (4/6/2021).

Pada tanggal 26 Juni mendatang, Dinas PMD Kalsel akan memberikan bantuan kepada BUMDes terbaik pada kegiatan BUMDes Expo di Banjarmasin.

“Mudah-mudahan pemerintah kabupaten dapat terus mendorong kemajuan BUMDes, agar semakin termotivasi untuk mencontoh BUMDes yang telah berhasil mengelola lembaganya,” harap Zulkifli.

Sementara itu, Ketua BUMDes Amanah, Sunardi menyampaikan, pihaknya telah melakukan diversifikasi usaha sesuai dengan potensi desa, guna mendorong perekonomian.

“Ada delapan usaha bisnis yang dijalankan seperti layanan pengolahan air bersih, kuliner, pom bensin mini, pangkalan gas LPG 3 kilogram, kelompok ternak, lumbung pangan, kursus bahasa Inggris dan pengelola jasa alsintan,” ucap Sunardi.

Di tahun 2020 lalu, BUMDes Amanah berhasil menyumbangkan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp10.000.000,00.

“BUMDes Amanah juga pernah membuka posko dan memberikan bantuan sembako dan ribuan nasi bungkus kepada warga korban banjir,” tukas Sunardi. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai