Dispersip Kalsel Bangun Perpustakaan Khusus Penyandang Disabilitas dan Lansia

Proses pembangunan perpustakaan khusus penyandang disabilitas dan lansia/Dispersip Kalsel/dok

Dinas Perpustakan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) tengah mempersiapkan gedung perpustakaan baru khusus pemustaka penyandang disabilitas dan lansia.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan, Wildan Akhyar menjelaskan hadirnya perpustakaan khusus itu untuk menambah fasilitas layanan dan meningkatkan minat baca di berbagai kalangan.

“Di tahun 2021ini kita mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk membangun gedung. Alokasi anggarannya sebesar Rp3.499.933.000,00,” kita Wildan, Banjarmasin, Senin (31/5/2021).

Gedung yang berlokasi di lingkungan Kantor Dispersip Kalsel itu dibangun dua lantai dengan dilengkapi fasilitas pendukung yang ramah penyandang disabilitas dan lansia.

Selain itu, juga disiapkan studio mini yang berasal dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kalsel, untuk promosi minat baca generasi muda dan anak-anak.

“Gedung tersebut menjadi pelengkap di Perpustakaan Kalsel, yang selama ini layanan itu belum dapat maksimal. Semoga bisa selesai di akhir tahun nanti,” harap Wildan. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai