Upaya RHL, Dishut Kalsel Gagas Penanaman Serentak Satu Juta Pohon Pekan Ini

Plt. Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra, memberikan keterangan terkait persiapan penanaman serentak satu juta pohon se-Kalsel, di Banjarbaru, Selasa (6/4/2021). MC Kalsel/Ar

Dalam upaya Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan memilih Ruang Terbuka Hijau (RTH) Guntung Damar (Banjarbaru) untuk penanaman serentak satu juta pohon se-Kalsel yang akan dilaksanakan pada 9 April mendatang.

Tidak hanya Dishut dan kabupaten/kota, seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel juga diminta menyiapkan area penanaman pohon di lingkungan masing-masing.

“Kita akan menanam di sana jenis tanaman rawa yang sudah disesuaikan dengan habitatnya. Semua kegiatan (lokasi) akan dipantau melalui aplikasi zoom yang akan dipakai di puncak acara,” kata Plt. Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra, di Banjarbaru, Selasa (6/4/2021).

Fathimatuzzahra mengatakan semangat revolusi hijau harus terus digalakkan sebagai upaya perbaikan lingkungan. Oleh karena itu, penanaman tidak hanya dilakukan pemerintah, melainkan juga swasta dan masyarakat.

“Semangat revolusi hijau harus digelorakan kembali untuk menanam bersama dalam rangka pemulihan lingkungan dan mitigasi banjir,” ujar Fathimatuzzahra.

Untuk jenis pohon yang ditanam, disesuaikan dengan karakteristik wilayah. Balai Perbenihan Tanaman Hutan, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito, Kesatuan Pengelolaan Hutan dan Pemegang Izin Konsesi akan berkontribusi dalam penyediaan bibit.

“Kalau di daerah tangkapan air itu spesifik penanamananya, baik itu dari dana APBN dan APBD serta masyarakat bisa memanfaatkan areal produktif untuk bisa mereka tanam. Apabila masyarakat disediakan dengan tanaman buah-buahan dan di areal kawasan disediakan tanaman kayu sesuai dengan permintaan,” kata Fathimatuzzahra. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai