Sebanyak 48 Perusahaan di Kalsel Raih Proper Biru

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, menyerahkan Propenas kepada perwakilan perusahaan di Kalsel, di Banjarbaru, Rabu (31/3/2021). MC Kalsel/Rns

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memberikan penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper tingkat Nasional) tahun 2019-2020 kepada 59 perusahaan yang beroperasi di Kalsel.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, menyebutkan Propenas merupakan evaluasi terhadap partisipasi perusahaan dalam menjaga lingkungan. Tahun ini, penilaian dilakukan melalui aplikasi Sistem Pelaporan Elektronik Lingkungan (SIMPEL).

“Hasilnya, ada 1 emas, 7 hijau, 48 biru, 3 merah. Yang merah ini penyebabnya bermacam macam seperti pengelolaan limbah belum beres,” ujar Safrizal, di Banjarbaru, Rabu (31/3/2021).

Safrizal pun mengatakan pemerintah akan membina perusahaan dengan peringkat merah, agar bisa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

“Ke depan kita akan minta bikin program bagaimana konservasi lubang tambang yang menarik. Saya minta Kadis (Lingkungan Hidup) menetapkan satu contoh merecovery tambang dengan metode menarik sehingga masih bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat,” tambah Safrizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan perusahaan yang mendapatkan peringkat merah, karena tidak melakukan input data pada aplikasi SIMPEL.

“Karena mereka para perusahaan ini tidak melakukan penginputan, sehingga tidak ada dasar untuk menilai. Nantinya akan kami lakukan pembinaan kembali,” kata Hanifah. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai