Tingkatkan Imunitas, BKOM Kalsel Lakukan Tes Kebugaran Bagi Pegawai

Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Provinsi Kalsel melaksanakan layanan tes kebugaran jasmani pada karyawan / karyawati dinas Perdagangan dan BNNP Kalsel, Banjarmasin,  Jumat (5/3/2021). MC Kalsel/tgh

Dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kebugaran Pegawai Negeri Sipil dimasa pandemi COVID-19, Dinas Kesehatan melalui UPT Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) menyelenggarakan tes Kebugaran di Halaman Kantor Dinas Perdagangan, Banjarmasin.

Kegiatan tes kali ini diikuti 80 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai kontrak serta pejabat di lingkungan Dinas Perdagangan Kalsel dan Badan Narkotika Nasionsl Provinsi (BNNP) Kalsel.

Kepala BKOM Kalimantan Selatan, Agus Moduto melalui Kepala Seksi Pelayanan BKOM Provinsi Kalsel, Hamdillah mengatakan kegiatan yang digelar hari ini berupa tes kebugaran bagi ASN dan cek kesehatan gratis yang  merupakan bagian dari upaya preventif untuk mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Pengukuran kebugaran ini kami lakukan untuk para ASN dan pejabat di lingkungan Dinas Perdagangan dan BNNP Kalsel untuk mengetahui tingkat kebugaran dan kesehatan ASN. Apalagi sekarang dimasa pandemi sangat memicu sekali kesadaran pentingnya dalam menjaga kesehatan. Jika semua orang bugar tentu dapat memiliki tingkat imunitas yang tinggi,” kata Hamdillah, Jumat (5/3/2021).

Oleh karena itu, prinsip pengukuran yang digunakan dalam tes kali ini adalah dengan menghitung waktu tempuh yang dibutuhkan masing-masing peserta untuk menempuh jarak 1,6 km.

“Para ASN diminta untuk lari sejauh 1,6 km dengan mengitari Kantor sebanyak 8 putaran. Hal tersebut dilakukan untuk melihat sejauh mana tubuh memanfaatkan oksigen di dalam tubuh,” ungkapnya.

Selain itu, ia menambahkan BKOM Kalsel guna mempermudah dalam pengisian data dan melakukan pengecekan kebugaran pihaknya juga menggunakan aplikasi Sistem Pengukuran Kebugaran (Sipgar) milik Kementerian Kesehatan RI.

“Aplikasi ini dapat diunduh di Playstore. Kemudian, dilanjutkan mengisi data dan petunjuk lainnya. Setelah itu, dilanjutkan berlari sejauh 1,6 km. Kemudian hasil akan diketahui setelah menempuh jarak tersebut apakah tingkat kebugaran seseorang tersebut sangat baik, baik, atau cukup. Waktu tempuh idealnya sekitar 12 menit,” tuturnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai