Pemprov Kalsel Tingkatkan SDM Melalui Program Peningkatan SDM Kelapa Sawit

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan, Suparmi usai mengikuti Rakernas Pembangunan Pertanian tahun 2021, Banjarbaru, Senin (11/1/2020). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Perkebunan dan Pertenakan (Disbunnak) Kalsel memiliki beberapa program prioritas seperti Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan Pengembangan sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit untuk pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan   Kalimantan Selatan, Suparmi mengatakan, para petani patut bersyukur karena dengan adanya program peningkatan SDM, maka anak petani mendapatkan beasiswa yang didanai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

“Program tersebut guna mendorong pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit yang lebih produktif dan berkelanjutan. Apalagi SDM perkebunan sawit memiliki peran penting dan strategis dalam sistem produksi perkebunan tersebut,” ujarnya, Banjarbaru, Senin (11/1/2020).

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) RI Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pengembangan SDM, Penelitian dan Pengembangan, Peremajaan, serta Sarana dan Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit.

“Disebutkan dalam Permentan tersebut bahwa pengembangan SDM dilakukan melalui pendidikan, pelatihan, penyuluhan, serta pendampingan dan fasilitasi. Khusus untuk kegiatan pendidikan, pekebun atau keluarga pekebun memiliki kesempatan untuk ikut program beasiswa D1 sampai dengan D4,” kata Suparmi. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai