Dispersip Kalsel Peringati Hari Dongeng Nasional di Panti Asuhan

Novia Eka Saputri (Guru PAUD) asal Banjarbaru mendongeng di Panti Asuhan Al- Aqsho dalam rangka memperingati Hari Dongeng Nasional tahun 2020. Dispersip Kalsel/MC Kalsel

Dalam rangka memperingati Hari Dongeng Nasional tahun 2020, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Al-Aqsho di Banjarbaru, Sabtu (28/11) lalu.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, menuturkan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, Dispersip Kalsel selalu mendatangkan pendongeng maupun juru kisah nasional ke Perpuspalnam dan dihadiri oleh anak-anak yang memenuhi ruang Kids Library.

Namun, pada tahun ini perayaan digelar secara berbeda karena pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir.

“Jadi pada momentum ini, kita tidak lantas berdiam diri saja, kita harus tetap kreatif dengan cara yang berbeda, makanya tahun ini Dispersip tetap merayakan Hari Dongeng Nasional namun dengan cara yang berbeda,” tutur Nurliani, Banjarmasin, Kamis (3/12/2020).

Untuk meminimalisir terjadinya kerumunan, lanjut Nurliani, Dispersip Kalsel berkunjung ke Panti Asuhan Al- Aqsho dengan membawa mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) dan hiburan badut, serta menghadirkan pendongeng Novia Eka Saputri (Guru PAUD) asal Banjarbaru.

“Untuk kegiatan ini hanya menghadirkan maksimal 20 orang anak, karena mereka tidak datang ke sekolah dan acaranya diselenggarakan tidak terlalu lama dikarenakan masa pandemi dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Nurliani.

Lebih jauh Nurliani mengatakan, dongeng mampu membangkitkan kecintaan anak terhadap buku melalui cerita–cerita yang dapat menciptakan imajinasi di dalam otak. Sehingga, kemampuan berpikir anak menjadi lebih terasah.

“Mendongeng (story telling) merupakan kegiatan yang positif yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak agar menjadi lebih dekat,” ucap Nurliani.

Oleh karena itu, Nurliani tidak henti-hentinya mengajak seluruh orang tua di Banua untuk aktif mendongeng atau membacakan buku secara rutin tiap malam.

“Momen ini orang tua juga bisa memberikan pendidikan kepada anak-anaknya sendiri, karena itu merupakan salah satu tugas dari kedua orang tua disamping menjalin rasa kekeluargaan dengan berkumpul bersama dan saling bersenda gurau tentunya penuh keakraban,” pungkas Nurliani. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih