Dinas PUPR Kalsel Tingkatkan Sertifikasi Tenaga Ahli Konstruksi

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalsel melalui Bidang Bina Konstruksi menggelar kegiatan pelatihan Tenaga Ahli Konstruksi Arsitektur tahun 2020, Banjarbaru, Selasa (20/10/2020). MC Kalsel/tgh

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalsel melalui Bidang Bina Konstruksi menggelar kegiatan pelatihan Tenaga Ahli Konstruksi Arsitektur tahun 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dan dihadiri 23 orang peserta dengan pemateri dari Asosiasi Arsitek Indonesia, Fakultas Teknik ULM, Dinas PUPR kota Banjarbaru dan Dinas PUPR Kalsel.

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris PUPR Kalsel, Nasrullah mengatakan, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 30 tahun 2000 tentang penyelenggaraan pembinaan jasa konstruksi, bentuk pembinaan konstruksi meliputi pengaturan, pemberdayaan, dan pengawasan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Jadi salah satu perwujudan pembinaan sesuai kewenangan yang dilakukan Pemprov Kalsel sebagai bukti komitmennya dengan adanya undang-undang nomor 2 tahun 2017 yaitu bergerak bersama memajukan pembangunan disegala aspek termasuk infrastruktur dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia tenaga konstruksi.

“Apalagi kita sangat kekurangan Sertifikasi Keahliah kerja (SKA) kalau dibandingkan jumlah yang ada. Total tenaga ahli madya berjumlah 417 orang dan tenaga ahli muda 741 orang. Sementara kebutuhan untuk regional kalimantan sebesar 7 ribu, artinya ada kekurangan sekitar 5 ribu,” kata Nasrullah, Banjarbaru, Selasa (20/10/2020).

Oleh sebab itu, melalui pelatihan ini diharapkan tenaga lokal di Kalsel dapat bersaing dan lebih mengembangkan pengetahuan, keterampilan, baik keterlibatan dalam perencanaan, pelaksanaan maupun dalam pengawasan pekerjaan sektor jasa konstruksi. Sehingga dapat menyajikan pembangunan infrastruktur yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pembangunan sektor infrastruktur tidak mungkin berhenti kalau dilihat dengan bertambah pesatnya perkembangan jumlah penduduk di Kalsel.

“Saya yakin kedepannya para peserta pelatihan tenaga ahli dengan bekal kompetensi teknis yang diberikan nanti, dapat memanfaatkan sebaik-baiknya momen ini, guna partisipasi event pembangunan selanjutnya pada bidang jasa kontruksi,” ungkapnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai