Perkembangan Teknologi Informasi dalam Dunia Perdagangan

Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, memberikan keterangan tentang perdagangan di era digital, Banjarmasin, Kamis (1/10/2020). MC Kalsel/scw

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat mempengaruhi dunia perdagangan yang saat ini mengarah pada pemanfaatan e-Commerce, sehingga memungkinkan jual beli dilakukan tanpa tatap muka.

Melihat peluang pasar saat ini, Kepala Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan, Birhasani, meyakini pelaku UKM di Kalsel hanya perlu dorongan atau motivasi untuk dapat bersaing di pasar digital.

“Bimtek promosi bagi UKM di era digital ini diselenggarakan agar dapat menciptakan peluang untuk UKM dengan meningkatkan skill dalam hal pemanfaatan digital atau internet dalam mempromosikan produk,” kata Birhasani, Banjarmasin, Kamis (1/10/2020).

Selain itu, untuk mendukung UKM, Disdag Kalsel juga telah menyediakan website Niaga Borneo sebagai media promosi gratis bagi para pelaku usaha. Namun, Birhasani juga meminta para pelaku usaha untuk memperhatikan kualitas produk, agar tidak mengecewakan konsumen.

“Berpromosi melalui digital tidak berhadap-hadapan antara penjual dengan pembeli, lebih menekankan kepada kepercayaan bahwa barang itu bagus dengan memastikan kualitas barang serta menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen,” ucap Birhasani.

Di kesempatan tersebut, Birhasani menginginkan agar pelaku UKM memiliki organisasi atau perkumpulan guna menciptakan kerja sama yang baik dalam memajukan perdagangan di Banua.

“Jadi, organisasi itu sangat penting baik dalam permodalan maupun dalam mencari relasi dagang,” ucap Birhasani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai