Peringati Harkitnas dan Harkonas, Disdag Kalsel Gelar Jalan Santai dan Pembagian Brosur Edukasi Masyarakat

Dinas Perdagangan Kalsel saat jalan santai dan pembagian brosur, di Banjarmasin, Jumat (20/5/2022). MC Kalsel/scw

Dinas Perdagangan (Disdag) kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan jalan santai sekaligus pembagian brosur untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hak kewajiban konsumen dan penjual dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan memeriahkan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2022 dengan tema Konsumen Berdaya, Beli Produk  Dalam Negeri.

“Memperingati hari konsumen nasional tingkat kalsel, sekaligus melaksanakan apel Harkitnas 2022 yang diselenggarakan secara sederhana dan intern disdag,” kata Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, Banjarmasin, Jum’at (20/5/2022).

Birhasani mengatakan, momen ini harus dijadikan inspirasi untuk membangkitkan sektor ekonomi. 

“Kita harus mendorong percepatan ekonomi di daerah dengan membeli produk asli Indonesia dan daerah,” kata Birhasani.

Lanjut Birhasani, dengan cara seperti itu perekonomian akan bangkit, diantaranya pada sektor UKM, industri dan pertanian.

Birhasani menyebutkan, saat ini laporan perlindungan konsumen di kalsel berada di level “mampu” artinya konsumen kalsel sudah bergerak mulai kritis berani komplain jika merasa dirugikan.

Oleh sebab itu, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kalsel sejak tahun 2018 hingga sekarang kebanjiran laporan dari konsumen yang merasa dirugikan, namun melalui proses negosiasi, persoalan dapat diselesaikan secara baik dan kekeluargaan. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai