Enam Kelurahan Jadi Zona Hijau, GTPP Covid-19 Banjarmasin Minta Masyarakat Tetap Disiplin

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, memberikan penjelasan terkait enam kelurahan yang berubah menjadi zona hijau, Banjarmasin, Selasa (21/7/2020). MC Kalsel/Jml

Penanganan Covid-19 di Kota Banjarmasin mulai menunjukan hasil yang menggembirakan. Sampai pagi ini, sudah ada enam kelurahan yang terkonfirmasi berubah menjadi zona hijau.

“Sampai dengan hari ini sudah ada enam kelurahan yang bisa dikategorikan sebagai zona hijau. Diantaranya, Kertak Baru Ulu, Kertak Baru Ilir, Mawar, Kelayan Luar, Belitung Utara, dan Alalak tengah,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, Selasa (21/7/2020).

Dengan adanya kabar baik itu, Machli pun meminta masyarakat di enam keluruhan tersebut tidak larut dalam euforia kegembiraan, sehingga mengabaikan protokol kesehatan.

“Masyarakat jangan sampai larut dalam euforia yang dapat menurunkan kewaspadaan dan kedisiplinan yang akan menyebabkan enam kelurahan tersebut kembali menjadi zona kuning atau merah. Perilaku masyarakat inilah yang harus kita kuatkan disiplinnya untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak, serta menjaga kebersihan tangannya,” tutur Machli.

Machli yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin itu juga menyebut berubahnya status enam kelurahan menjadi tanda bahwa kesembuhan Covid-19 di Kota Banjarmasin semakin meningkat, dengan angka kematian mendatar dan diperkirakan cendrung menurun.

“Semoga ini tanda-tanda dari melandainya kasus Covid-19 di Banjarmasin,” singkat Machli.

Ditambahkan Machli, indikator wilayah bisa dikatakan sebagai zona hijau apabila di wilayah tersebut tidak ada kasus terkonfirmasi baru, dan tidak ada lagi wilayah yang berada dalam masa pemantuan.

“Kami akan terus berupaya mempertahankan zona hijau, dengan terus memberikan edukasi tanpa henti kepada masyarakat kemudian peran serta masyarakat juga harus ditingkatkan dan yang paling penting perubahan perilaku budaya masyarakat yang selalu menggunakan masker. Jadi kembali kepada masyarakat itu sendiri,” tegas Machli.

Machli pun mengungkapkan bahwa GTPP Covid-19 Kota Banjarmasin sampai dengan 30 Juli ini menargetkan 10 (sepuluh) kelurahan untuk dikawal secara ketat agar bisa menjadi zona hijau.

“Semoga kedepan semakin banyak yang hijau, minimal 50 persen dari total seluruh kelurahan bisa kita perjuangkan bersama-sama masyarakat dan TNI-Polri,” pungkas Machli. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan