Perjalanan Pusling Dispersip Kalsel Berlanjut ke Rutan Pelaihari

Jajaran Rutan Pelaihari dan Dispersip Kalsel mengelilingi kebun garapan warga binaan usai penyerahan buku Pusling, Pelaihari, Selasa (23/6/2020). Humas Dispersip/MC Kalsel

Perjalanan mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan terus berlanjut. Setelah sebelumnya mengunjungi dua Lapas atau Rutan yang ada di Kabupaten Banjar, kali ini dengan membawa dua unit Pusling, Dispersip Kalsel menyambangi Rutan Pelaihari, Selasa (23/6/2020) untuk meminjamkan ratusan buku yang dimiliki.

Staf Pelayanan Dispersip Kalsel, Khusnul Khatimah mewakili Kepala Dispersip Kalsel mengatakan, penyerahan buku-buku dilakukan sesuai dengan protokol Covid-19, yakni melalui petugas Rutan guna menghindari kerumunan.

Peminjaman buku tersebut, kata Khusnul, bermanfaat untuk mengisi waktu senggang warga binaan, terlebih dengan ditutupnya jam kunjungan.

“Selain untuk menambah wawasan, peminjaman buku ini juga bertujuan agar dapat mengisi waktu kosong para warga binaan. Dengan ditutupnya layanan kunjungan, sementara waktu mereka bisa manfaatkan waktu yang ada untuk membaca,” kata Khusnul.

Sementara itu, Karutan Pelaihari, Budi Suharto mengaku senang atas kunjungan Perpustakaan Keliling Dispersip Kalsel. Dia mengungkapkan minat baca Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Rutan yang dia pimpin cukup tinggi, sehingga perlu difasilitasi.

“Minat baca WBP Rutan Pelaihari cukup tinggi, sehingga kami mengupayakan tersedianya buku bacaan untuk mereka. Dengan adanya peminjaman buku dari Dispersip Kalsel, tentunya minat baca warga binaan semakin meningkat,” ujar Budi.

Usai menerima ratusan buku, Budi Suharto mengajak jajaran Dispersip Kalsel berkeliling melihat hasil kebun garapan WBP Rutan Pelaihari. Tak lupa, dia juga memperkenankan untuk memetik buah-buahan yang ada dan memberi bibit tanaman sebagai oleh-oleh. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan