Salurkan Bantuan Logistik Covid-19, Baznas Kalsel Sasar Masyarakat Miskin dan Pekerja Harian

Pelayanan Baznas Kalsel di Kantor Baznas Kalsel, Banjarmasin, Rabu (8/4/2020). MC Kalsel/tgh

Pandemi COVID-19 yang terjadi di Kalimantan Selatan mengundang perhatian banyak pihak untuk membantu pencegahan virus menular tersebut. Untuk itu, Badan Amil zakat Nasional (BAZNAS) Kalsel akan memprogramkan bantuan paket logistik keluarga bagi masyarakat terdampak Covid-19, Rabu (8/4/2020).

Bantuan tersebut merupakan program Cash for Work oleh pemerintah Pusat untuk membantu masyarakat yang bekerja disektor informal atau kelompok rentan yang terdampak ekonominya akibat pandemi virus Covid-19.

Kepala Layanan Aktif Baznas Kalsel, Saddam Nurhidayat mengatakan pihaknya sudah membuat program yang menyasar pada aspek ekonomi dan sosial.

“Program tersebut berupa pembagian logistik minimal Rp250 ribu per keluarga (1 Kartu keluarga) dan isinya sembako, perlengkapan ibadah untuk ramadan dan lebaran,” ucap Saddam kepada media center.

Kepala Layanan Aktif Baznas Kalsel, Saddam Nurhidayat saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/4/2020). MC Kalsel/tgh

Bantuan ini berguna dalam memenuhi kebutuhan pangan dan kebutuhan ibadah para keluarga penerima manfaat. Bantuan tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan harian menjelang lebaran hingga lebaran nanti. Baznas Kalsel telah menargetkan sebanyak 2.000 paket logistik keluarga dan sudah ada 1.500 paket yang siap dibagikan nanti.

“Pembagian logistik ini khusus di zona merah yang terpapar pandemi Covid-19 yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Batola,” bebernya.

Sedangkan untuk kategori penerima manfaat yaitu mereka yang termasuk mustahiq. Dalam hal ini, masyarakat fakir dan miskin, serta pekerja harian seperti tukang becak, ojek dan supir taksi.

“Masyarakat yang sangat terdampak terhadap imbas covid-19 dalam perekonomian. Jadi kita bantu mereka dengan memberikan bantuan langsung maupun tidak langsung,” pungkasnya.

Bantuan logistik tersebut akan mulai dibagikan minggu depan. Masyarakat juga dapat ikut membantu program ini lewat hotline yang tersedia di Baznas Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan