Peran Penting Perencanaan Dalam Pembangunan Daerah

Asisten I Bidang Pemerintahan Sugian Noorbah menyampaikan sambutan Gubernur Kalsel pada pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemprov Kalsel, di Aula BPSDMD, Banjarbaru, Senin (9/3/2020).

Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Sugian Noorbah menghadiri pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemprov Kalsel, di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD), Banjarbaru, Senin (9/3/2020).

Sebanyak 120 peserta eselon IV yang membidangi perencanaan atau program, keuangan dan aset mengikuti kegiatan yang berlangsung dari tanggal 9 -13 Maret 2020 itu.

Dalam sambutan Gubernur, Sugian mengatakan pentingnya pelatihan dan pendidikan bagi PNS di bidang perencanaan, mengingat segala program pembangunan daerah berawal dari sebuah perencanaan.

“Perencanaan pembangunan daerah harus melihat isu-isu perspektif, untuk mencapai sasaran dan tujuan visi misi daerah, selain itu berdasarkan amanat Undang-Undang, daerah juga harus memastikan setiap perencanaan daerah sejalan dengan perencanaan secara nasional,” ucap Sugian.

Setiap perencanaan, lanjut Sugian, harus memiliki indikator kinerja yang terukur, sehingga mempermudah dalam pencapaian tujuan sasaran pembangunan dan pelayanan publik, meskipun dengan dana yang terbatas.

“Dengan keterbatasan dana yang tersedia, menuntut kecermatan dalam alokasi anggaran, sehingga setiap rupiah yang digunakan baik APBD maupun APBN, tepat sasaran dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan pembangunan daerah,” tutupnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan