Gubernur Kalsel Himbau Masyarakat Agar Tetap Tenang Terkait Virus Corona

Sekretaris Daerah Provinsk Kalsel, Abdul Haris usai kegiatan jalan santai di depan Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (7/3/2020). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalsel akan segera mengeluarkan surat edara Gubernur terkait dengan berkembangnya atau merembaknya virus corona atau covid 19.

“Dua hari yang lalu kita gelar rapat koordinasi dengan KKP kemudian angkasa pura, instansi terkait yaitu dinas kesehatan, dan lainnya. Jadi kita menyepakati untuk membuat surat edaran dan tinggal ditandatangani Gubernur,” ujar Sekretaris Daerah Provinsk Kalsel, Abdul Haris usai kegiatan jalan santai di depan Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (7/3/2020).

Kemudian hal lain yang disepakati yaitu memberikan layanan call center yang dikelola oleh dinas kesehatan, ada nomor call centernya. Kita juga akan memaksimalkan rumah sakit rujukan yang sudah ada sehingga ada prosedur tetap yang sudah ditetapkan.

Untuk itu, Gubernur menghimbau apabila terjadi atau ada yang diduga demam tinggi dan sebagainya segera dibawa ke tempat-tempat pelayanan kesehatan untuk selanjutnya akan dirujuk ke rumah sakit.

“Kita jangan buru-buru mengambil kesimpulan ketika ada orang flu, panas tinggi itu virus corona. Serahkan kepada yang berkepentingan untuk menetapkan, karena ada tahapan, protap, SOP sampai kepada penetapan bahwa terjangkit atau terpapar virus corona,” paparnya.

Oleh karena itu sekalilagi ia menghimbau masyarakat dapat bersikap tenang jangan buru-buru mengambil kesimpulan. Apabila ada keluarga kita yang diduga atau terindikasi demam tinggi dan sebagainya jangan memutuskan sendiri karena kita bukan ahlinya.

“Jadi masyarakat agar untuk tetap tenang. percayakan kepada aparat kesehatan,pemerintah untuk menangani hal tersebut. Masyarakat juga diminta untuk memberikan informasi sebanyak-banyaknya terkait apabila ada warga di sekitarnya terindikasi virus corona,” tegasnya

Haris berharap agar klinik didaerah kalau ada menerima pasien agar dapat mengikuti protap, sop yang ada, jangan langsung menyimpulkan ini corona karena ini akan menimbulkan dampak dan kepanikan di masyarakat.

“Kepanikan itu berdampak bagi masyarakat, jangan buru-buru panik melakukan pembelian masker. Tetapi kita harus tetap waspada ketika berada di ruang publik, karena kita tidak tahu ada masyarakat yang terpapar atau terindikasi virus corona,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan