Cegah Penyebaran Covid-19, Wali Kota Banjarmasin Imbau Masyarakat Lakukan Germas

Ilustrasi Virus Covid-19/Image by iXimus from Pixabay

Adanya kasus dua WNI terdeteksi Covid-19 membuat Pemerintah Kota Banjarmasin mengambil langkah cepat dengan mengeluarkan surat imbauan terkait pencegahan penyebaran virus tersebut.

Dalam surat imbauan yang dikeluarkan pada Selasa lalu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meminta masyarakat agar tidak panik, melakukan pemantauan diri jika datang dari negara yang telah terjangkit Covid-19, ikut aktif melaporkan ke Dinas Kesehatan jika ada kerabat datang bepergian, membiasakan diri dan keluarga melakukan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) serta mempromosikan Germas sebagai langkah pencegahan paling ampuh.

Ditemui di Balai Kota Banjarmasin, Rabu (4/3/2020), Ibnu kembali menegaskan agar masyarakat terus menggalakan hidup sehat dan bukan membeli masker secara berlebihan untuk menghindari Covid-19.

“Cara efektif untuk menghindari penularan virus tersebut bukanlah hanya pada penggunaan masker saja, tetapi dengan menggalakan hidup sehat seperti yang sudah disampaikan melalui surat imbauan,” ucap Ibnu.

Orang nomor satu di kota seribu sungai tersebut juga mengimbau agar masyarakat membiasakan hidup bersih dengan sering mencuci tangan baik dengan air, antiseptik atau pun hand sanitizer.

“Cuci tangan itu penting karena penularan virus yang cepat dengan bersentuhan, baik dengan orang yang tersuspect langsung atau sesuatu di sekitar, sehingga sangat penting budaya mencuci tangan dilakukan,” pungkasnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan