Gelorakan Kepedulian Masyarakat, DLH Kalsel Gelar Aksi Perangi Sampah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana memimpin apel peserta aksi perangi sampah di halaman PLTA Ir. PM Noor, Kabupaten Banjar, Jumat (14/2/2020). MC Kalsel/Jml

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan PLTA Ir. PM Noor Riam Kanan dan sejumlah instansi terkait membersihkan sampah-sampah plastik yang berada di sekitar waduk Riam Kanan dan Dermaga Tiwingan Lama, Kabupaten Banjar, Jumat (14/2/2020) pagi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana menjelaskan aksi perangi sampah tersebut dilakukan dalam rangka menggelorakan kembali kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan.

“Aksi perang sampah, merupakan aksi kita peduli terhadap lingkungan. Bagaimanapun juga sampah, menjadi PR penting bagi kita untuk diselesaikan,” kata Hanifah.

Melalui gerakan perang sampah itu, lanjutnya, Dinas Lingkungan Hidup Kalsel juga ingin mengedukasi masyarakat untuk bersama-sama menyelesaikan masalah sampah dari hulunya.

“Penanganan sampah di Kalsel masih menjadi fokus yang kita koordinasikan, kita juga akan selalu mendorong kabupaten/kota untuk menyelesaikan permasalahan sampah di daerahnya,” tegas Hanifah.

Dikatakan Hanifah, selain masyarakat, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada pengemudi perahu mesin (kelotok) agar turut membantu mensosialisasikan tentang kebersihan lingkungan kepada pengunjung wisata Riam Kanan.

“Beberapa kelotok bahkan sudah ada menyediakan bak sampah, tentunya kami juga meminta bantuan kepada pengemudi kelotok agar turut membantu mensosialisasikan kepada pengunjung, karena kesadaran pengunjung ini sangat penting wujudkan Kalsel bersih,” tuturnya

Sementara itu, Pejabat Pengendali K3L PLTA Ir. PM Noor, Ervan Julianto mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi gerakan perang sampah yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, dimana kegiatan tersebut dapat membantu menjaga kelestarian waduk PLTA Ir. PM Noor.

Ditambahkannya, bahwa PLTA Ir. PM Noor juga rutin melaksanakan kegiatan perang sampah.

“Kami mengapresiasi gerakan perangi sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kalsel ini. Selain itu, kami juga rutin melakukan kegiatan serupa dimana terakhir pada bulan September lalu, Insya Allah akan terus kami lakukan minimal setiap semesternya,” jelasnya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PLTA Ir. PM Noor juga menyerahkan bantuan berupa bak sampah terpilah kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat sekitar waduk Riam Kanan.

Julianto pun menilai bahwa kesadaran masyarakat terhadap pemilahan sampah masih sangat rendah. Oleh karenanya, dengan adanya bak sampah terpilah, masyarakat diharapkan semakin sadar untuk membuang sampah sesuai dengan golongannya.

“Pemberian bak sampah merupakan bentuk perhatian kami kepada masyarakat sekitar untuk mengedukasi dan meningkatkan pemahaman warga terhadap pemilahan sampah. Kedepannya kami berharap kegiatan serupa bisa terus dilakukan secara berkelanjutan,” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih