Festival Durian, Paman Birin Siapkan Ribuan Durian Untuk Makan Bersama Masyarakat

Kabid Hortikultura Dinas TPH Kalsel, Ellina Hardiati saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2020). MC Kalsel/tgh

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural (TPH) Kalsel melalui Kabid Hortikultura Dinas TPH Kalsel, Ellina Hardiati mengatakan akan menyediakan ribuan durian dalam Festival Durian bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Destinasi Wisata Kiram Martapura, Sabtu, 18 Januari mendatang.

“Kita siapkan 12 ribu sampai 15 ribu, yang nanti akan sama-sama dimakan bersama Paman Birin,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2020).

Menurutnya, pada event tahunan yang kedua ini, Dinas TPH Kalsel menggelar festival dalam lingkup regional. Sedangkan perlombaan kontes durian, peserta berasal dari Kabupaten/Kota se-Kalsel tetapi untuk peserta di luar Kalsel akan dimasukkan dalam kategori exhibition.

“Daerah dari luar Kalsel bukan diikutkan dalam perlombaan, tetapi kami masukkan di exhibition sebagai tandingan saja,” tuturnya.

Untuk itu dari kontes ini, dinas TPH bermaksud untuk mendapatkan pohon induk tunggal durian unggul asli Kalsel. Selain kategori perlombaan durian alami, festival ini juga akan menghadirkan aneka durian seperti Pampakin/Lai (Durio kutejensis), Kerantungan (Durio oxleyanus), Lahung (Durio dulcis), serta buah eksotik lainnya di Kalsel.

“Kategorinya berbeda-beda. Kita ingin lestarikan dengan cara memilih pohon induk tadi serta buah langka yang hampir punah di Kalsel,” jelasnya.

Lanjut ia mengungkapkan untuk pemenang kontes durian akan diberikan sertifikat khusus dan didaftarkan dalam perlindungan varietas tanaman.

“Juaranya akan kita beri sertifikat dan didaftarkan di pusat. Syaratnya pohon tidak boleh ditebang, akan kita perbanyak kedepannya, bisa sambung pucuk atau okulasi,” bebernya.

Kegiatan festival ini juga dirangkaian dengan penyerahan baju, ada sekitar 1500 petugas penyuluh se-Kalsel oleh Paman Birin kepada petugas benih, serta petugas penanganan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan