Pelantikan Pengurus HIMPAUDI Diharapkan Majukan Dunian Pendidikan Banua

Ketua Pengurus Pusat Himpaudi, Netty Herawati melantik Pengurus Wilayah Himpunan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Provinsi Kalsel Masa Bhakti 2019-2023 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (25/11/2019). MC Kalsel/tgh

Pengurus Wilayah Himpunan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Provinsi Kalsel Masa Bhakti 2019-2023 resmi dilantik secara langsung oleh Ketua Pengurus Pusat Himpaudi, Netty Herawati di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (25/11/2019).

Dalam pelantikan turut hadir, Gubernur Kalsel yang diwakili oleh Asisten I Setda Provinsi Kalsel, Siswansyah, Bunda Paud Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah, Bunda Paud se-Kabupaten/Kota, kepala OPD Kalsel, dan Unsur Guru Paud se-kalsel.

Dalam sambutannya Siswansyah mengatakan keberadaan HIMPAUDI Kalimantan Selatan telah ikut mendukung sektor pendidikan di Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di bumi Lambung Mangkurat ini.

“Sejalan dengan tujuan kita untuk bersama-sama bergerak, berjuang membangun manusia indonesia yang berkualitas dan turut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang dasar 1945,” ujarnya.

Untuk itu, Siswansyah mengungkapkan Pendidikan anak usia dini sebagai salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan, menitikberatkan pada peletakan dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sosial emosional, bahasa dan komunikasi, yang disesuaikan dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

“Himpaudi sebagai organisasi yang menghimpun pendidik dan tenaga pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam mengembangkan kompetensi pendidik paud yang memiliki korelasi positif terhadap penyelenggaraan pendidikan anak usia dini,” paparnya.

Ketua dan pengurus Himpaudi baru dilantik berfoto bersama usai acara Pelantikan Pengurus Wilayah Himpunan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Provinsi Kalsel Masa Bhakti 2019-2023 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (25/11/2019). MC Kalsel/tgh

Oleh karena itu seorang pendidik paud dituntut mampu merancang kegiatan yang menarik dan menantang, serta mampu mengamati proses tumbuh kembang anak didik serta mengevaluasi program kegiatan dan pembelajaran yang telah dilakukan.

“Jadi pendidik harus menanamkan karakter dengan melalui pembiasaan perilaku baik yang akan diterapkan dalam setiap aktivitas anak. Karena teladan yang baik tentu akan membentuk landasan karakter yang baik pula bagi anak,” paparnya.

Siswansyah mengharapkan melalui seluruh pendidik paud dalam wadah himpaudi kembali menguatkan komitmen untuk bersama-sama membangun organisasi ini agar lebih meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawab dalam mengembangkan kompetensi para pendidik anak usia dini dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Himpaudi Kalsel 2019-2023, yang baru dilantik Rabiatul Adawiyah mengatakan Pelantikan ini adalah dalam rangka pergantian kepengurusan Himpaudi periode 2015-2019, akan dilanjutkan oleh kepengurusan yang baru ditahun 2019-2023.

“Dan ini adalah amanah dari para pendidik paud seluruh kalsel kepada kami sebagai organisasi mitra pemerintah yaitu himpaudi, himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia Provinsi Kalsel,” ucapnya.

Kemudian mengenai perkembangan pendidik paud di Kalsel, Rabiatul menjelaskan saat ini kami masih terus berupaya untuk meningkatkan kualifikasi kompetensi SDM agar mereka menjadi pendidik paud yang profesional.

“Untuk itu, pendidik paud yang mempunyai kompetensi yang baik sebagai seorang pendidik paud. Meskipun secara undang-undang pendidik paud ini belum diakui sebagai guru tapi kami akan terus berupaya, mendorong teman-teman di seluruh Kalsel untuk terus meningkatkan kualitas, kompetensi mereka, agar mereka nanti jadi guru dan diakui sebagai guru yang setara dengan guru yang lain,” ungkapnya. MC Kalsel/Tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan