Peran PUG dalam Keberhasilan Pembangunan

Para peserta berfoto bersama usai pembukaan Bimbingan Teknis Pengarustamaan Gender (PUG) Bagi Lembaga, Forum Puspa Provinsi Kalsel, di Hotel Roditha Banjarmasin, Kamis (24/10/2019). MC Kalsel/tgh

Keberhasilan pembangunan dan keberhasilan dalam menjalani proses kehidupan dalam semua tingkat akan sangat tergantung pada peran serta laki-laki dan perempuan secara bersamaan sebagai pelaku dan pemanfaatnya.

Namun, kenyataan di lapangan sampai saat ini menunjukan bahwa kedudukan dan peran perempuan Indonesia walaupun sudah diupayakan dengan berbagai strategi dan pendekatan belum menunjukan hasil yang memadai.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kalsel, Husnul Hatimah saat membuka Bimbingan Teknis Pengarustamaan Gender (PUG) bagi Lembaga, Forum Puspa Provinsi Kalsel, di Hotel Roditha Banjarmasin, Kamis (24/10/2019).

Menurut Husnul, PUG adalah isu lintas sektor dan lintas bidang yang sangat strategis. Berhasil atau tidaknya pembangunan sebuah negara sangat tergantung pada kontribusi yang diberikan.

“Untuk itu perempuan tidak harus mendominasi laki-laki. Tetapi bagaimana membuat hubungan relasi yang seimbang dan harmonis, berbagi peran baik dalam keluarga, masyarakat sampai tahapan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Oleh karena itu, Husnul mengajak Forum Puspa dan lembaga terkait agar bersama-sama berpartisipasi dalam mewujudkan kesejahteraan perempuan dan anak.

Lebih lanjut Husnul menerangkan, PUG adalah strategi yang harus diintegrasikan dari hulu ke hilir sebagai upaya percepatan kesetaraan dan keadilan gender agar masyarakat dapat memperoleh akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan.

“Jadi pembangunan tentang PUG menjadi akses yang harus kita tingkatkan. Seluruh pihak harus memahami konsep PUG. Pemahaman ini merupakan modal dasar menyusun implementasi Pengarustamaan Gender di dalam lembaga instansi pemerintah maupun masyarakat,”terangnya.

Husnul berharap dengan adanya Bimtek tersebut, pihak terkait dapat lebih memahami dan mengerti tentang PUG dan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) pada tatanan konseptual, aktualisasi dan perkembangan terbaru mengenai keduanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Politik dan Hukum Dinas PPPA Kalsel, Maimunah mengatakan tujuan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan dan kompetensi lembaga Forum Puspa di Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan