Tahun Ini, Hewan Kurban Disembelih Gunakan Alat Semi Mekanik

Alat penyembelihan hewan qurban semi mekanik. net

Banjarmasin, tahun ini masjid Al Jihad akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban sapi menggunakan alat semi mekanik yang dapat menghemat waktu dan tenaga.

Hal ini dilakukan untuk pemberdayaan dua alat semi mekanik penyembelihan hewan kurban yang dibuat oleh jamaah masjid Al Jihad Banjarmasin.

Sekretaris masjid Al Jihad Banjarmasin, Hairil Muhaidi menjelaskan hal tersebut bahwa penyembelihan dengan cara konvensional akan diistirahatkan.

“Penyembelihan tahun ini diprioritaskan untuk semi mekanik, sedangkan konvensional kita istirahatkan, dalam artian untuk jaga-jaga jika alat semi mekanik mengalami gangguan,” ucap Hairil saat ditemui di kantor masjid setempat, Rabu (7/9/2019).

Sedangkan kinerja alat penyembelihan semi mekanik ini digunakan dengan cara hewan dimasukkan ke dalam kerangkeng, kemudian dibalik selanjutnya disembelih. Alat semi mekanik ini diakui lebih aman dari pada konvensional.

Penggunaan waktu penyembelihan  lebih singkat dan lebih sedikit menggunakan tenaga manusia. Dengan alat tersebut hanya membutuhkan waktu lima menit, sedangkan jika konvensional tergantung ukuran hewan dengan waktu sekitar 15-20 menit.

Segala sesuatu menjelang hari H, pihak pengurus masjid sudah melakukan persiapan administrasi dan persiapan teknis. Persiapan administrasi mulai dari pendaftaran kemudian jadwal survei hewan kurban, sapi dan kambing. Sedangkan persiapan teknisnya yakni penyediaan hewan kurban, penyediaan jumlah panitia  sampai teknis penyembelihan dan distribusi dagingnya.

Tahun ini ada peningkatan jumlah hewan kurban dari tahun 2018 dengan jumlah 83 ekor sapi dan enam ekor kambing. Sedangkan tahun ini dengan jumlah 87 ekor sapi dan dua ekor kambing. Mc Kalsel / Fuz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih