Pemberitaan Anak demi Masa Depannya

Kepala Dinas PPPA Kalsel, Husnul Khatimah. Mc Kalsel / Fuz

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia bersama Dewan Pers serta Dinas PPPA Kalsel melaksanakan Sosialisasi Pedoman Pemberitaan Rahmah Anak di Mercure Hotel Banjarmasin, Kamis (11/7/2019).

Sosialisasi ini mengangkat tema, Peningkatan Kualitas Pemberitaan Media yang Ramah Anak. Diikuti oleh 55 Insan Pers dengan dihadirkan dua orang pemateri.

Pemateri Pertama, Jamilul Insan, Anggota Dewan Pers membawakan materi dengan judul Hadirkan Pemberitaan Ramah Anak kemudian Pemateri kedua, Rini Handayani, Staf Ahli Menteri Perhubungan Antar Lembaga Kementerian PPPA dengan judul materi Peran Media dalam Perlindungan Anak.

Kepala Dinas PPPA Kalsel, Husnul Khatimah dalam sambutanya menekankan bahwa kegiatan ini merupakan langkah untuk menghadirkan kepedulian dalam melindungi masa depan anak.

“Anak merupakan amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang memiliki harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya, karena itu berhak mendapatkan perlindungan,” sambutan Husnul.

Selanjutnya, Selain itu anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dilindungi dari pemberitaan negatif agar mereka dapat tumbuh dengan wajar, hidup dalam lingkungan yang kondusif, dapat berkembang normal secara jasmani maupun rohani, untuk dapat mencapai kedewasaan yang sehat demi kepentingan terbaik bagi anak.

Sedangkan dalam pemberitaan yang mengaitkan sosok anak dalam pemberitaan yang dapat mempengaruhi masa depan anak itu sendiri sepatutnya perlu dicermati lagi.

“Mencermati pemberitaan yang terkait dengan anak di tanah air, seringkali anak justru menjadi korban, obyek eksploitasi dan diungkapkan identitasnya antara lain wajah, inisial, nama, alamat dan sekolah secara sengaja ataupun tidak sengaja sehingga anak tidak terlindungi secara baik,” tambah Husnul usai pembukaan sosialisasi. MC Kalsel / Fuz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan