Peringatan Alri Menjadi Wahana Renungan

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina (kiri) memberikan tali kasih kepada Hanafiah (kanan) selaku anggota Lembaga Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Banjarmasin usai upacara Peringatan HUT ke-70 Proklamasi Gubernur Tentara Alri Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2019 di halaman kantor Balaikota Banjarmasin, Jumat (17/5/2019). MC Kalsel/scw

Pemerintah kota banjarmasin menggelar Upacara Peringatan HUT ke-70 Proklamasi Gubernur Tentara Alri Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2019 di halaman kantor Balai Kota Banjarmasin, Jumat (17/5/2019).

Kegiatan ini mengusung tema Lamun Handak nyaman bergerak dengan nilai juang Alri Divisi IV Hayu Bahimat bagawi bangun banua NKRI Harga mati.

Gubernur Kalsel dalam sambutannya yang dibacakan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan peringatan HUT divisi IV ALRI ini, bukan hanya bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan untuk mengenang sejarah perjuangan dan kepahlawanan para pendahulu. “Oleh karena itu perjuangan untuk negeri dan banua ini sebenarnya tidak pernah berakhir,” katanya.

Selama bangsa ini masih ada, maka tantangan dan perjuangan masih tetap ada. Perjuangan akan terus berlanjut, meski dalam ruang, waktu dan dimensi yang berbeda. “Saat ini, kita berjuang untuk memberantas kebodohan, kemiskinan dan ketertinggalan dalam berbagai aspek kehidupan,” ungkap Jbnu.

Lanjut orang nomor satu di Banjarmasin mengungkapkan ada pula beberapa perjuangan lain yang kini tengah dilakukan seluruh lapisan masyarakat banua, seperti menghijaukan kembali banua dengan melakukan gerakan revolusi hijau, kemudian perang dengan Narkoba, berjuang meningkatkan kesejahteraan rakyat untuk mewujudkan kemakmuran, serta berjuang untuk memantapkan semangat NKRI sebagai pilar pembangunan bangsa.

Ia mengharapkan dapat menjadi wahana introspeksi dan perenungan, untuk mengkristalisasi nilai-nilai juang ALRI Divisi IV untuk kondisi kekinia , khushsnya dalma kehidupan berbangsa dan bernegara dan meneladani kegigihan dan semangat pejuang.

“Peneladanan yang kita wujudkan dalam tekad dan semangat yang kuat untuk bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas, untuk “Bergerak” berjuang gelorakan rakyat, menjadikan Kalimantan Selatan sebagai daerah yang berkeadilan, mandiri dan terdepan,” pungkasnya.

Harapan selanjutnya disampaikannya saat itu agar masyarakat Bumi Lambung Mangkurat mendoakan para arwah pahlawan tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan sehingga mereka memperoleh tempat yang layak disisi-nya, diberikan kelapangan, kebaikan, dan pahala yang tak pernah putus.

“Mudah-mudahan juga kita generasi muda senantiasa diberikan kekuatan dan pertolongan, untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, melalui pelaksanaan kegiatan pembangunan kesejahteraan bathin,” tutupnya.

Kegiatan ini rangkaian dengan penyerahan tali kasih yang dilakukan oleh Walkota Banjarmasin kepada para anggota Lembaga Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Banjarmasin. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan