PKK Mitra Kerja Pemerintah Majukan Daerah

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina (kanan) menyerahkan piagam penghargaan kategori Kelurahan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2018 kepada Kelurahan Kelayan Dalam (kiri) pada acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47, di halaman Balaikota Banjarmasin, Rabu (24/4/2019). MC Kalsel/scw

Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin menggelar Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47, di halaman Balaikota Banjarmasin, Rabu (24/4/2019).

Dalam kegiatan ini turut berhadir para kepala SKPD dan jajaran Forkopimda lingkup Pemko Banjarmasin, pengurus PKK kecamatan se-Kota Banjarmasin.

Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Siti Wasilah dalam sambutannya mengatakan PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

Menurutnya 10 program pokok PKK, yang merupakan pokok-pokok kebutuhan dasar manusia, yaitu penghayatan dan Pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Pola pendekatan, penggerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan, merupakan modal sosial, sehingga partisipasi masyarakat dalam sebuah pembangunan merupakan prinsip dasar dari gotong royong yang merupakan warisan budaya bangsa,” katanya.

Selanjutnya ia mengatakan peringatan HKG ini digelar setiap tahunnya. Dan untuk tahun 2019 peringatan ini tidak hanya sekedar acara seremoni saja. “Namun, pada peringatan HKG ini haruslah ada gaungnya, maka diharapkan adanya semangat gelora yang baru. Karena Tim Pengerak PKK ini merupakan mitra kerja pemerintah,” ujarnya.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menyampaikan sambutan pada acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47, di halaman Balaikota Banjarmasin, Rabu (24/4/2019). MC Kalsel/scw

Sementara itu Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan agar Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin terus mendukung program pemerintah dalam hal kebersihan yaitu pengurangan sampah pelastik.

“Alhamdulillah Kota Banjarmasin sudah 3 tahun yang lalu menerapkan aturan tersebut, dan saat ini berbagai macam kota dan kabupaten datang ke Banjarmasin untuk belajar bagaimana penggunaan peraturan untuk mengurangi kantong plastik,” ucapnya Ibnu.

Sementara itu orang nomor satu di Banjarmasin mengatakan mengenai kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 tahun 2019 ini sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan tersebut yakni Meningkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah.

“Maka hal tersebut sangat selaras dengan program Pemko Banjarmasin yakni menjadikan kota ini Baiman. Jadi tim pegerak PKK adalah mitra kerja pemerintah,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan nasi tumpeng Astakona kepada dua orang kader PKK tertua dan penyerahan penghargaan kepada Camat serta Lurah berprestasi dan sosialisasi penggunaan Bank Sampah Kota Banjarmasin.

Ada dua instansi yang menerima penghargaan tersebut yakni, Kecamatan Banjarmasin Selatan sebagai Kecamatan Sayang Ibu Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2018, kategori Utama dan Kelurahan Kelayan Dalam sebagai Kategori Utama untuk Kelurahan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2018.  MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan