Wujudkan Pelayanan Prima

(dari kiri ke kanan) Kepala PTA Kalsel Sarif Usman, Kepala Disdukcapil Provinsi Kalsel Ardiansyah mewakili Gubernur Kalsel, Kakanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi foto bersama usai melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dalam rangka Meningkatkan Pelayanan Prima di Aula PTA Kalsel, Banjarbaru, Kamis (28/3/2019). MC Kalsel/Ar

Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara (PTA) Pengadilan Tinggi Agama Kalsel, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalsel dan (Disdukcapil) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kalsel dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan yang prima di Aula PTA Kalsel, Banjarbaru, Kamis (28/3/2019).

Kepala PTA Kalsel, Sarif Usman mengatakan penandatanganan tersebut meliputi pelayanan terpadu itsbat nikah oleh PA, penerbitan akta nikah oleh Kantor Urusan Agama (KUA) dan dokumen kependudukan oleh Disdukcapil.

Itsbat nikah merupakan cara yang dapat ditempuh oleh pasangan suami istri yang sudah menikah secara sah menurut agama masing-masing.

Melalui penandatanganan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam itsbat nikah.

Hal senada juga dikatakan Gubernur Kalsel melalui Kepala Disdukcapil Provinsi Kalsel Ardiansyah meyakinkan setelah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama pelayanan publik di PTA Kalsel ini akan berjalan semakin baik.

Pemprov Kalsel sangat mengapresiasi program pelayanan terpadu yang meliputi itsbat nikah, penerbitan akta nikah dan dokumen kependudukan ini.

“Pelayanan terpadu bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan sekaligus memberikan perlindungan dan pengakuan status pribadi serta status hukum atas setiap peristiwa kependudukan yang dialami oleh penduduk” ujarnya.

Program pendataan, lanjutnya, pelayanan kependudukan juga akan berjalan lebih baik, data yang tercatat juga akan lebih akurat sehingga mendukung berjalannya pemerintahan yang lebih baik.

“Untuk itu perlu sinergi, koordinasi dan kerjasama yang baik antara PTA dan instansi-instansi terkait agar program ini dapat berjalan dengan baik” jelasnya. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *