Bentuk Kerjasama Media Center dan Humas

Pertemuan Forum Media Lingkup SKPD Provinsi Kalsel, di Ruang Rapat Aberani Sulaiman Banjarbaru, Jum’at (8/3/2019). MC Kalsel/scw

Dinas komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kalsel menggelar Forum Media Lingkup SKPD Provinsi Kalsel, di ruang rapat Aberani Sulaiman Banjarbaru, Jum’at (8/3/2019)

Kepala Bagian Pemberitaan Humas Setda Prov. Kalsel, Agus mengatakan Pendistribusian informasi mengenai kegiatan atau program di setiap SKPD yang saat ini hanya dari kami, ini belum terpantau dengan baik di pemerintahan maupun media baik cetak dan elektronik.

Maka dari itu kami berinisiasi untuk mengumpulkan seluruh perwakilan SKPD kita merencanakan untuk membentuk satu grup khusus untuk meng-cover seluruh kegiatan yang ada di instansi bapak ibu masing – masing.

“Ini sangat penting sekali karena tempat ini akan menjadi bahan kita untuk melakukan sejauh mana keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan masing – masing SKPD,” kata Agus.

Selanjutnya dilingkup Humas pun sampai saat ini pemerintah kita masih fokus pada pemberitaan media, jadi setiap kegiatan yang ada di SKPD atau seremonial bisa memberitahukan kepada Humas atau Kominfo dan kami akan membantu kegiatan pemberitaan tersebut.

“Tapi kami tidak bisa berbuat banyak kalau kontak tidak punya, kami mohon penunjukan anggota tim dalam SKPD yang memberikan waktu, karena tidak sulit hanya mengeshare foto dikegiatan yang ada di dalam grup wa SKPD kedalam grup kita bikin nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Kalsel, Muhari mengatakan latar belakang pertemuan ini adalah untuk membangun visi Kalsel mandiri dan terdepan, hal itu sering diingatkan oleh Gubernur kepada seluruh ASN yang ada di SKPD agar kita proaktif kemudian bisa menyampaikan seluruh aktifitas yang dijalankan masing – masing SKPD kepada publik.


“Namun kata pak Agus tadi benar bahwa citra publik itu yang sering terkenal adalah kegiatan Gubernur, Wakil Gubernur dan  Sekda sementara kegiatan SKPD memang belum terlampir atau belum kita sinergiskan,” katanya.

Yang kedua adalah pimpinan belum banyak mengetahui dan belum optimal terkait berkenaan informasi program kegiatan SKPD kepada pimpinan sehingga memang perlu sinergi informasi lintas SKPD.

Maka dari itu forum media SKPD ini sangat penting untuk memberikan peran kepada kita semua dalam menjalin informasi dan komunikasi. “Tujuan kegiatan ini kita ingin ada wadah SKPD bagaimana SKPD memberikan informasi terhadap kegiatannya dalam bentuknya adalah terdiri dari komunitas ASN di SKPD, memberikan informasi, siapa yang terlibat dalam forum ini bisa pejabat atau ibu – ibu dengan menggunakan media sosial whatsapp,” jelasnya.

Selanjutnya terkait teknis kerjanya adalah konten yang dikirim ke grup adalah berupa informasi dan komunikasi teks berita, berita foto yang diberi caption (keterangan) atau video, visual bergerak atau info grafis, nanti grup dan tim akan follow up ke pimpinan sebagai laporan “Informasi yang dipublikasikan sekiranya perlu di informasikan ke publik dan SKPD bisa berkoordinasi dengan biro humas jika ingin mengundang beberapa wartawan atau diriliskan serta pihak kominfo punya dua media sosial adalah mc.kalselprov.go.id dan radio abdi persada,” tandasnya. MC Kalel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih