Pegunungan Meratus Ganti Status UNESCO Global Geopark

Gubernur Provinsi Kalsel, Sahbirin Noor (Depan) bersama – sama kepala SKPD dan Personil Grup Band Slank dan Inka Christie mendeklarasikan  Geopark Nasional Pegunungan Meratus di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Minggu (24/2/2019). MC Kalsel/tgh

Sebagai upaya konkrit menjaga dan melindungi pegunungan Meratus, oleh karena itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Deklarasi Geopark Nasional pegunungan Meratus di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Memiliki sumberdaya alam berupa hasil tambang, pertanian, perkebunan dan kehutanan yang terhampar diseluruh wilayah kalimantan selatan. Bahkan Kalsel mempunyai warisan geologi, keanekaragaman geologi, keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya.

“Sejak tanggal 30 November lalu, pegunungan Meratus sudah diakui sebagai salah satu Geopark Nasional di Indonesia, dari 19  Geopark Nasional lainnya,” kata Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini dalam sambutannya, Minggu (24/2/2019).

Ia menuturkan, dengan dideklarasikannya Geopark Nasional pegunungan Meratus ini dapat  melindungi dan melestarikannya untuk masa depannya Kalsel. Karena sumber oksigen, sumber air dan sumber lainnya ada di pegunungan meratus.

“Untuk itu, saya mengajak semua masyarakat untuk merawat, mengembangkan dan melestarikan bumi Kalimantan Selatan. Khususnya pegunungan Meratus untuk anak cucu kita nanti,” ucap Paman Birin.

Selain itu, Paman Birin berharap, Geopark Nasional pegunungan Meratus akan segera bisa meningkat statusnya menjadi UNESCO Global Geopark yang diakui Internasional.

“Mari terus kita dukung pengembangan Geopark Nasional Pegunungan Meratus, dan kita jadikan sebagai taman bumi yang mempesona. Lestari arkeologinya, lestari ekologi dan budayanya, serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat,” harap Paman Birin.

Gubernur Provinsi Kalsel, Sahbirin Noor (kiri) berduet dengan Inka Christie (kanan) dengan membawakan lagu berjudul “Cinta Kita” usai acara Deklarasi Geopark Nasional Pegunungan Meratus di Kiram Park, Kabupaten Banjar. MC Kalsel/tgh

Dikesempatan yang sama, Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Nasional pegunungan Meratus, Fajar Desira mengatakan Geopark pegunungan Meratus tersebut merupakan situs warisan geologi (Geosite) yang bernilai tinggi yang terbentang disepanjang pegunungan Meratus dari Kabupaten Tabalong hingga Kotabaru.

“Ini menambah nilai luhur terhadap keberadaban masyarakat yang menempati bumi Kalimantan Selatan. Bahkan pegunungan Meratus merupakan pegunungan Ofiolit tertua di dunia,” ucapnya.

“Jadi, Penetapan Geopark Nasional pegunungan Meratus ini juga untuk melindungi pegunungan Meratus dari penambang yang nantinya akan merusak Geopark Nasional,” tandas Fajar.

Acara deklarasi turut diisi aksi panggung Inka Christie dan Slank. Di atas panggung, kedua artis ibukota ini juga ikut mendeklarasikan Geopark Nasional pegunungan Meratus. Slank tampil dengan personel komplit. Ratusan slanker pun tumpah ruah di Kiram Park. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan