BKOM dukung Pelayanan Kesehatan di Kalsel

Staf Seksi Kerjasama dan Kemitraan BKOM Provinsi Kalsel Nur Qanitah kepada wartawan Media Center, Senin (4/2/2019). MC Kalsel/tgh

Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Provinsi Kalsel  adalah Unit Pelaksanaan Teknis  ( UPT ) Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel yang menyelenggarakan upaya kesehatan olahraga strata dua untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat di bidang kesehatan olahraga secara menyeluruh dan terpadu.

 “Oleh karena itu BKOM menyediakan layanan konsultasi kebugaran gratis dan ingin tahu olahraga apa yang cocok dan sesuai kondisi kesehatan,”  ucap Staf Seksi Kerjasama dan Kemitraan BKOM Provinsi Kalsel Nur Qanitah kepada wartawan Media Center, Senin (4/2/2019).

Anit mengatakan olahraga yang baik itu harus ada tiga unsur yakni pemanasan, perenggangan, inti dan pendinginan, jadi tidak boleh olahraga itu langsung masuk ke olahraga inti karena bisa beresiko kram.

Serta BKOM Provinsi Kalsel juga membuka kerjasama dengan semua perusahaan swasta maupun negeri yang ingin mengenalkan olahraga yang baik dan terukur sebagai contohnya yang sudah bekerja sama yaitu Bank Indonesia,  Puskesmas , Pemerintah Provinsi Kalsel dan lainnya.

Bagi warga atau perorangan yang ingin konsultasi kebugaran olahraga bisa datang ke kantor BKOM Provinsi Kalsel Jl A Yani Km 21,5 Landasan ulin “Atau bisa juga ke Puskesmas dan layanan faskes terdekat yang ada memberikan layanan konsultasi olahraga kebugaran,” katanya.

Lebih jauh Anit mengatakan terkait pembinaan kesehatan olahraga sendiri adalah melakukan pembinaan dan sosialisasi ke kabupaten – kabupaten yang ada di Kalsel serta sasaran kami adalah dalam dinas kesehatan dan Puskesmas.

“Setelah itu Puskesmas menjalankan kegiatan pemeriksaan kebugaran tersebut dan bagian puskesmas yang melaksanakannya serta BKOM sendiri cuma mengambil data dan mengirimkan data kementerian kesehatan,” katanya.

Maka dari itu  puskesmas di kabupaten tersebut perlu adanya pembinaan dan apa saja kekurangan yang dalam fasilitas pemeriksaan kebugaran di Kabupaten/Kota.

Selanjutnya dari 13 kabupaten kota di Kalsel tidak semua puskesmas yang mendapatkan pembinaan dan sosialisasi kebugaran olahraga, tetapi dipilih – pilih lagi puskesmas mana yang layak dikunjungi dan diberikan sosialisasi. “Setiap kabupaten kota hanya bisa dua puskesmas yang dikunjungi dan diberi sosialisasi kebugaran olahraga,” pungkasnya.

Sedangkan terkait kegiatan yang ada di Seksi Kerjasama dan Kemitraan terbagi tiga kegiatan yaitu, kegiatan promosi kesehatan masyarakat, kegiatan Penyuluhan masyarakat pola hidup sehat dan pembinaan kesehatan olahraga. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan