Hari Jadi Kota Banjarmasin

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina beserta Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah menyampaikan sambutan pada acara Peringatan Puncak Hari Jadi ke – 492 Kota Banjarmasin Tahun 2018 sekaligus memperingati Hari Keluarga Nasional (Haganas) ke XXV Tingkat Provinsi Kalsel di Depan Kantor Balai Kota Banjarmasin, Senin (24/9). MC Kalsel/tgh

Pada Puncak Perayaan Hari Jadi Kota Banjarmasin yang ke 492 ini Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan H Hermansyah memanfaatkan moment tersebut untuk memberikan hadiah kepada seluruh warga kota berjuluk seribu sungai, dengan meluncurkan tiga buah karya tulisan.

Buku pertama berjudul  Salanjung kilas balik geliat  banua saribu sungai, Banjarmasin dari masa ke masa, dan buku Manusia sungai. Buku tersebut ditulis oleh Prof.M.P. Lambut, EMS.

“Buku ini merupakan napak tilas perjalanan sejarah yang berliku-liku  dan panjang, mengenai fakta-fakta kehidupan berbudaya Suku Banjar, khususnya kehidupan sosial pada pemanfaatan sungai dan jukung (perahu) sebagai alat kehidupan, pada masa kolonial dan sebelumnya,” ucap Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina pada saat menyampaikan sambutan, Senin (24/9).

Kemudian buku kedua yang diluncurkan berjudul Bandjarmasin Tempo Doeloe, ditulis oleh Mansyur, S.pd, M.Hum bercerita tentang Ekologi Kota Banjarmasin dalam sudut pandang sejarah, interaksi antara manusia dan alam sekitarnya pada masa kolonial.

Sedangkan buku ketiga adalah tentang Kongres Sungai Indonesia, ditulis jajaran Pemerintah Kota Banjarmasin.

“Buku ini merupakan hasil dari Kongres Sungai Indonesia ke III yang berlangsung di Kota Banjarmasin pada bulan Nopember 2017, dari kongres tersebut menghasilkan 5 (lima) Maklumat Banjarmasin. Salah satunya menyatakan sungai sebagai urat nadi peradaban maritim yang tak bisa dipisahkan dari pembangunan tol laut Indonesia dan poros maritim dunia. prinsip pengelolaan sungai one river one management, karena banyak sungai berada di lintas kabupaten, kota bahkan provinsi selanjutnya diperlukan adanya badan otoritas sungai,”  katanya.

Walikota berharap, buku yang telah diluncurkan haus menjadi inspirasi semua pihak, dalam rangka mewujudkan Kota Banjarmasin yang lebih baik kedepannya.

Rangkaian lain dalam kegiatan Hari jadi ini  dilanjutkan dengan makan mie ayam bersama, Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin. Tak kurang 5000 porsi mie ayam dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang hadir saat itu.

Untuk lebih memeriahkan Hari jadi tahun 2018 ini, dilakukan juga penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Kebersihan tahap II, kemudian pemenang Lomba Maharagu Sungai Tahun 2018, dan pemberian penghargaan kepada ritel Toko modern  sebagai pelopor dan konsisten dalam pengurangan penggunaan kantong plastik. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan