Peran Persandian untuk Pengamanan Informasi

Suasana Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Persandian dalam Mengoptimalkan Penanganan Berita Informasi yang Berklasifikasi Tahun 2018 di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Kamis (30/8). MC Kalsel/tgh

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang Infrastruktur dan Persandian menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Persandian dalam Mengoptimalkan Penanganan Berita Informasi yang Berklasifikasi Tahun 2018 di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Kamis (30/8).

Sosialisasi dan Bimtek tersebut di buka langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai.

Selanjutnya, Rifai mengatakan persandian adalah kegiatan di bidang pengamanan informasi rahasia yang dilaksanakan dengan konsep, teori dan seni dari ilmu Kripto beserta ilmu pendukung lainnya secara sistematis, metodelogis dan konsisten serta terikat pada etika profesi persandian dan salah satu komponen tata kelola pengamanan dan data informasi yang krusial untuk dimiliki pemerintah daerah saat ini adalah peningkatan kapasitas aparatur sandi dan telekomunikasi serta di dukung oleh sistem jaringan keamanan informasi daerah yang terintegrasi.

“Penyelenggaraan persandian di lingkup pemerintah daerah bertujuan untuk menjaga kerahasiaan, keutuhan, keaslian dan tidak ada pengingkaran informasi yang disandikan” katanya.

Menurutnya, sesuai Pasal 9 Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Persandian untuk Pengamanan Informasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kab/Kota, disebutkan Kepala Daerah dalam memimpin penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi melakukan upaya yaitu penguatan kapasitas kelembagaan, sumber daya manusia dan sarana prasarana, mengordinasikan kegiatan antar perangkat daerah diwilayahnya dan kerja sama dengan Provinsi lain serta dengan Kab/Kota dalam satu wilayah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Diharapkan Sosialisasi dan Bimtek Peningkatan Persandian ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan penguasaan substansi persandian bagi pengelola informasi/data Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan membangun rintisan persandian antar SKPD di daerah serta dapat memberikan pemahaman terhadap kita semua akan arti pentingnya persandian untuk keamanan informasi dalam penyelenggaraan pemerintah yang kita laksanakan termasuk sinergitas dalam pelaksanaan tugas bidang persandian antara Badan Cyber dan Sandi Negara (BSSN) dengan Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota.

Ditempat yang sama Kepala Seksi Persandian Dinas Kominfo Provinsi Kalsel, Nur Zubaidy Abdis mengungkapkan peserta Sosialisasi dan Bimtek Peningkatan Persandian yaitu Kepala Seksi Persandian dan Staf Dinas Kominfo Kab/Kota dan 2 orang dari Badan/Dinas Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Tujuan Sosialisasi dan Bimtek ini agar persandian tiap SKPD Provinsi dan Kab/Kota memahami arti dan peran penting persandian serta pengamanan informasi daerah melalui persandian di Pemprov dan Kab/Kota” jelasnya. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan