Peserta Latsar CPNS Rutan Rantau Antusias Terapkan Rancangan

Rantau_INFO-PAS, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Rantau antusias menerapkan rancangan aktualisasi dilingkungan Rutan kelas IIB Rantau dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai penjaga tahanan (17/07).

Kegiatan aktualisasi adalah bagian dari rangkaian kegiatan Latihan Dasar (Latsar) CPNS Kementerian Hukum Dan Ham tahun 2018 yang dilaksanakan di Kampus 1 & 2 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Selatan.

Peserta Latsar diberikan waktu untuk menerapkan rancangan aktualisasinya selama 80 hari sehingga memungkinkan peserta mampu mengintegrasikan, menerapkan dan mengatualisasikan serta membuatnya menjadi kebiasaan di UPT masing – masing.

Kegiatan penerapan rancangan aktualisasi sendiri sebelumnya telah diseminarkan oleh setiap peserta khususnya gelombang 1 dan 2 dihadapan para mentor, coach dan penguji untuk diaktualisasikan dan akan diseminarkan kembali hasilnya setelah penerapan 80 hari kerja di Kampus BPSDM Provinsi Kalimantan Selatan, dijelaskan Akhmad Mudzakir salah satu peserta latsar dari CPNS Rutan Kelas IIB Rantau Gelombang 1 yang telah melewati on kampus pertama dari 7 mei 2018 sampai dengan 23 juni 2018 sebelumnya.

“Kegiatan rancangan aktualisasi ini sebelumnya telah saya seminarkan dihadapan mentor, coach dan penguji untuk dapat diterapkan di UPT dan nanti akan diseminarkan kembali sekitar bulan september 2018 di kampus BPSDM”, ujarnya.

Rutan kelas IIB Rantau telah memberangkatkan 3 gelombang CPNS yaitu Gelombang 1 berjumlah 8 orang, gelombang ke 2 berjumlah 2 orang, gelombang 3 berjumlah 4 orang dan terakhir gelombang 4 yang akan berangkat on campus agustus 2018 berjumlah 3 orang.

Akhmad Mudzakir mengangkat judul rancangan aktualisasi yaitu optimalisasi peningkatan minat baca warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Rantau. Zakir menjelaskan selain tugas fungsi pengamanan, dia berinovasi memanfaatkan waktu dengan mengajak warga binaan untuk membaca di perpustakaan yang disediakan Rutan Rantau yang selama ini masih kurang peminat dengan upaya pendekatan kepada warga binaan.

Dengan aktualisasi ini diharapkan akan meningkatkan minat baca warga binaan agar senantiasa mengisi waktunya dengan hal – hal bermanfaat, salah satunya dengan membaca buku diperpustakaan, tambahnya.

Berbeda dengan Shinta Jelita, CPNS Rutan Rantau lainnya yang mengangkat judul Pengamanan dan Pengawasan Pintu Utama Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Rantau, dalam kegiatannya semua yang memasuki kawasan Rutan yang melewati pintu utama harus digeledah dan diperiksa untuk mengoptimalkan pencegahan masuknya barang- barang terlarang kekawasan Rutan, tidak terkecuali pegawai dan petugas tidak luput dari penggeledahan sesuai standar pengamanan.

Selain Akhmad Muzdakir dan Shinta Jelita ada 8 Orang lainnya dari CPNS Rutan Kelas IIB Rantau dari Gelombang 1 dan 2 yang telah megikuti seminar dan sedang melakukan kegiatan aktualisasi di Rutan kelas IIB Rantau, semuanya tampak antusias menerapkan rancangannya masing – masing.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan