Pentingnya Peran Remaja Masjid Dalam Sosialisasi Disiplin Prokes COVID-19

Pemerintah Provinsi Kalsel mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada jajaran Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kalsel, di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu (21/4/2021). MC Kalsel/tgh

Dalam rangka meningkatkan antisipasi penyebaran COVID-19 di kegiatan keagamaan. Pemerintah Provinsi Kalsel mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada jajaran Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kalsel.

“Jadi saya himbau agar tokoh agama serta remaja masjid untuk ikut serta mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan terutama di lingkungan mesjid. Apalagi sekarang kita dalam masa bulan suci ramadan yang dimana aktifitas seperti di masjid dan mushola meningkat, maka dari itu kita jangan sampai lengah apalagi mengabaikan prokes,” kata Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu (21/4/2021).

Menurutnya, BKPRMI sering melaksanakan aktifitas di lingkungan masjid. “BKPRMI ini kan aktifitas di masjid lebih sering daripada kita, mudah-mudahan dengan bantuan dan peran serta BKPRMI, kesadaran masyarakat akan pentingnya prokes terutama di tempat ibadah akan lebih meningkat,” ujar Safrizal.

Oleh karena itu, jajaran Pemprov Kalsel akan membantu penyaluran masker ke tempat ibadah. “Saya akan meminta nanti kepada kepala BPBD, Kadinkes atau Kadispora untuk menyediakan masker di masjid, agar nantinya yang kelupaan pakai masker bisa diberikan masker dan tidak disuruh pulang,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua BKPRMI Kalsel sekaligus Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah menambahkan pihaknya mendukung penuh apa yang sudah disampaikan dan disosialisasikan Pj Gubernur Kalsel.

“Apa yang disampaikan Penjabat Gubernur, akan langsung kita implementasikan, bahkan akan langsung kami teruskan ke pengurus BKPRMI di Kabupaten/Kota,” ujar Hermansyah.

Hermansyah juga mengakui memang banyak masjid yang kadang ada yang tidak pakai masker. Kemudian jaga jaraknya juga sudah mulai kendor. “Jadi saya meminta jajaran BKPRMI untuk bisa menggerakkan remaja masjid untuk penggeraknya. Nanti akan kita tindak lanjuti ini, Karena ada 18 ribu ustaz dan ustazah yang tersebar di seluruh Kalsel yang akan kita sampaikan hasil arahan Pj Gubernur tadi untuk melaksanakan kegiatan ini nantinya,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai