Pesantren Ramadan Ciptakan Remaja Berakhlaqul Karimah

Ketua Umum Angkatan Muda Sabilal Muhtadin, Muhammad Rachmatullah memberikan sambutan pada pembukaan pesantren Ramadan 1439 H mengangkat tema “Dengan Semangat Ramadan, Mari Kita Bentuk Generasi Milenial yang Beriman, Bertaqwa, dan Berakhlaqul Karimah” di Aula Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (19/5). MC Kalsel/Jml

Angkatan Muda Sabilal Muhtadin menggelar pesantren Ramadan 1439 H mengangkat tema “Dengan Semangat Ramadan, Mari Kita Bentuk Generasi Milenial yang Beriman, Bertaqwa, dan Berakhlaqul Karimah” di Aula Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (19/5).

Ketua Umum Angkatan Muda Sabilal Muhtadin, Muhammad Rachmatullah mengatakan kegiatan pesantren Ramadan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1980, dan di tahun 2018 ini sudah memasuki angkatan yang ke-38.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 19 Mei sampai 4 Agustus 2018 atau 3-22 Ramdan 1439 H ini bertujuan untuk menciptakan regenerasi remaja yang memiliki akhlaqul karimah dan mampu bersaing dengan pemuda atau remaja lainnya.

“Disini kami membangun generasi yang mampu mengurangi hal-hal negatif. Oleh Karena itu sungguh besar harapan kami mampu mengarahkan remaja di Kota Banjarmasin Khususnya, agar bisa lebih berbuat positif, tentunya dalam bingkai ruang lingkup mesjid” ujar Rachmat.

Dirinya juga berpesan agar para santri bisa menjadi remaja yang hatinya terpaut dengan mesjid, sehingga kegiatan apapun yang nantinya dilakukan para remaja Kota Banjarmasin bisa menghidupkan mesjid dan mensyiarkan agama Islam.

Lebih jauh Ketum Angkatan Muda Sabilal Muhtadin menjelaskan, adapun materi yang akan diberikan kepada para santri selama mengikuti kegiatan pesantren Ramadan ini yakni kegiatan agama seperti fiqih,  tauhid, Al Qur’an-Hadist, dan juga materi umum.

“Karena ditahun ini mengangkat tema tentang generasi milenial, kami juga akan memberikan materi terkait internet sehat dan positif, sehingga generasi muda di Kota Banjarmasin mampu menggunakan gawainya dengan bijak” tutur Ketum Angkatan Muda Sabilal Muhtadin.

Sementara itu Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin (BP-MRSM), H Darul Qhutni mengatakan kegiatan pesantren Ramadan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh BP-MRSM.

Untuk tahun ini, Darul Qhutni menjelaskan ada sebanyak 800 santri baik dari kategori SD, SMP, SMA sederajat dan umum yang mengikuti kegiatan ini, dan dari tahun ke tahun minat remaja di Kota Banjarmasin lumayan meningkat untuk mengikuti kegiatan ini.

“Kami berharap pendidikan yang dilaksanakan selama pesantren Ramadan ini dapat memberikan modal untuk meningkatkan karekter dan akhlaqul karimah mereka kedepannya. Diharapkan juga setelah selesai mengikuti pesantren Ramadan ini, para santri bisa menjadi anak shalih dan shalihah seperti yang diharapkan para orang tua” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan