Diklatpim Sarana Mewujudkan ASN Terampil

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III Angkatan X Lingkup Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan Tahun 2018, Kamis (12/4) di Kampus I BPSDM Prov Kalsel Banjarbaru. Diklatpim ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kemampuan ASN dalam menyelenggarakan pemerintahan. Humasprov – Mc Kalsel / Fuz

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III Angkatan X Lingkup Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan Tahun 2018, Kamis (12/4) di Kampus I BPSDM Prov Kalsel.

Dalam sambutannya, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin mengatakan  Diklatpim III ini, merupakan bagian dari upaya pemerintah, untuk meningkatkan kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menyelenggarakan pemerintahan.

Melalui proses diklatpim ini, diharapkan lahirnya ASN yang cerdas, terampil, jujur, bersih dan mampu memahami situasi dan kondisi wilayah, juga sadar akan tanggung jawabnya sebagai aparatur pemerintah, abdi negara dan abdi masyarakat.

Diklatpim ini sangat penting, karena selain sebagai bekal dalam menjalan tugas sebagai aparatu maupun pejabat struktural, selain itu apa yang didapat dalam Diklatpim ini juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dikatakan Paman Birin, dipercaya untuk menduduki suatu jabatan, seperti jabatan administrator adalah prestasi. Namun disisi lain, kepercayaan itu harus dibuktikan dengan kinerja yang baik, serta kemampuan mengelola organisasi secara efektif dan efisien.

Selain itu, mereka juga diharapkan mampu menjadi inisiator dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Terlebih, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional dan berorientasi pada pelayanan publik, sebagaimana dirumuskan dalam misi kedua RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2016-2021,” tandasnya.

Diharapkan Paman Birin, para peserta diklat yang telah dipercaya menduduki jabatan struktural, agar bisa menjadi teladan bagi lingkungan kerja untuk melakukan perubahan, baik berkaitan pola pikir, sikap, dan perilaku, sehingga tumbuh semangat berpemerintahan yang baik dan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada rakyat.

Sementara itu Raden Surya, peserta diklat yang juga Kabag Protokol Humas dan Protokol Setdaprov Kalsel mengaku tersentuh dengan motivasi dan inspirasi Gubernur Kalsel saat menyampaikan materi sambutan.

”Banyak inspirasi dan motivasi yang beliau sampaikan, terutama bagaimana menjadi ASN yang terampil dan profesional yang menjadi agen perubahan di manapun kita berada,” kenang Surya mengutip pesan Gubernur. Humasprov – Mc Kalsel / Fuz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan