Gubernur Sampaikan Berbagai Keberhasilan Pembangunan Kalsel

Gubernur Kalimantan, Selatan Sahbirin Noor memaparkan berbagai keberhasilan pembangunan yang di capai Kalsel, pada rapat paripurna DPRD Kalsel, Kamis (29/3/2018). MC Kalsel/fuz

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Tahun Anggaran 2017 pada rapat paripurna di Ruang Rapat DPRD Provinsi Kalsel, Kamis (29/3/2018). Dalam kesempatan itu Gubernur juga menyampaikan beberapa keberhasilan pembangunan di Kalimantan selatan.

Dihadapan Peserta rapat, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menyampaikan, pada bidang bidang perindustrian di Kalsel tumbuh sebesar 2,69 persen pada triwulan IV/2017 terhadap triwulan IV/2016.

Kemudian industri manufaktur mikro dan kecil tumbuh sebesar 15,3 persen terhadap triwulan IV/2016 atau lebih tinggi dari rata-rata nasional yang hanya tumbuh 4,59 persen, lanjut paman Birin.

Sementara pada bidang ketahanan pangan mampu mempertahankan swasembada, bahkan surplus dan meningkat.

Sebagai contoh produksi padi Kalsel 2017 tercatat 2,45 juta ton atau naik enam persen bila dibandingkan dengan 2016 yang ketika itu tercatat 2,31 juta ton.

Begitu juga pada kurun waktu yang sama produksi jagung dari 198,378 ton menjadi 285,578 ton, bawang merah dari 1,160 ton menjadi 2,846 ton

Berbagai Keberhasilan pembangunan itu juga telah mendapat sedikitnya 17 penghargaan lingkup naional kepada Kalsel, antara lain Penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

Selain itu, Penghargaan Ki Hadjar Dewantara Award dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI), Provinsi Peduli Hak Azasi Manusia, Penghargaan Produktivitas Paramakarya, serta Penghargaan Inspirator Pembangunan Daerah, demikian ujarĀ  Paman Birin.

Sesuai peraturan perundang-undangan DPRD Kalsel akan menyampaikan tanggapan terhadap LKPJ Gubernur ini paling lambat 60 hari kerja. MC Kalsel/rmd

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan