Kampung KB Desa Salat Makmur

Laporan ketua panitia pada penyelengaraan acara peresmian kampung KB Desa Selat Makmur Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar yang dibacakan oleh Camat Beruntung Baru, Muslim, Kamis (7/12) di Halaman Balai Desa Selat Makmur. MC Kalsel/ Scw

Laporan panitia pada penyelenggaraan acara peresmian kampung KB Desa Selat Makmur Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar dengan tema “ Mewujudkan Mayarakat Yang berkualitas, Sejahtera dan Barokah” yang disampaikan langsung Camat Beruntung Baru, Muslim, di Halaman Balai Desa Selat Makmur, Kamis (7/12).

Muslim melaporkan hal yang menjadi dasar kegiatan peresmian kampung KB Desa Salat Makmur Kecamatan Beruntung Baru adalah dengan ”Menindaklanjuti pencanangan Kampung KB oleh Bupati Banjar pada tanggal 19 September 2017 di Desa Tambak Danau Kecamatan Astambul, dan penandatanganan prasasti Kampung KB secara serentak oleh Bupati Banjar dan merujuk pada Surat dari Sekretaris daerah nomor 890/428/KB-KS/DP2KBP3A/2017 tanggal 20 Oktober 2017, perihal pengukuhan/peresmian Kampung KB di Tingkat Kecamatan”, ujarnya.

Muslim juga menyampaikan tujuan dari kegiatan Kampung KB di Desa Salat Makmur “Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat desa melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas serta guna meningkatkan peran pemerintah , baik lembaga non pemerintah dan swasta” imbuhnya.

Menurutnya Desa Salat Makmur termasuk desa yang memiliki angka keluarga sejahtera masih rendah, rendahnya peserta KB yang menggunakan metode jangka panjang, dan belum adanya kelompok-kelompok untuk ketahanan dan pembangunan keluarga.

Berbagai kegiatan di bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga telah dilaksanakan yaitu dengan telah terbentuknya Program Ketahanan dan Pembangunan Keluarga, Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Pusat Informasi konseling Remaja (PIK R).

Oleh karena itu beliau mengharapkan agar Kampung KB Desa Salat Makmur menjadi percontohan bagi desa-desa lain yang ada di Kecamatan Beruntung Baru. (Scw)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan