Kunjungan Kementerian Perindustrian, Tanah Bumbu Dinyatakan Siap Dalam Pembangunan Politeknik Industri

BATULICIN – Tim dari Kementerian Perindustrian RI melakukan kunjungan ke Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (24/7). Kunjungan dalam rangka meninjau lokasi Kawasan Industri Batulicin terkait rencana pembangunan Politeknik Industri Batulicin.

Kedatangan Tim dari Kementerian Perindustrian disambut langsung oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming.

Setelah bertemu Bupati Mardani H Maming, tim dari Kementerian Perindustrian dan ITB kemudian melanjutkan peninjauan kelapangan melihat lokasi rencana akan dibangunnya Politeknik Industri.

Peninjauan lapangan didampingi oleh Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Tanbu H. Ambo Sakka, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanbu Anwar Salujang, Kepala PUPR Tanbu Roy Rizali Anwar, Kepala Bappeda Tanbu Rahmadi, Kepala Satpol PP dan Damkar Tanbu Andi Aminuddin, Direktur BJU, dan Direktur Politeknik 69.

Prof. Drajad Irianto selaku Tenaga Ahli ITB, mengatakan lahan yang tersedia pada Kawasan Industri Batulicin sangatlah strategis karena letaknya diantara dua jalan yaitu jalan Provinsi dan Jalan Negara. Selain itu, kesiapan infrastruktur pendukung juga dinilai sudah mumpuni.

Menurutnya, kesiapan Tanah Bumbu juga dilihat dari sektor perizinan yang dimiliki oleh Perusda Batulicin Jaya Utama selaku Pengelola Kawasan Industri.

Ia menambahkan, faktor utama tujuan untuk didirikannya politeknik industri adalah sebagai penopang tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang beroperasi pada kawasan industri nantinya.

Selain itu politeknik yang dibangun oleh Kementerian Perindustrian pada tahun anggaran 2018 ini diharapkan dapat terwujud sesuai dengan yang direncanakan.

Dengan terbangunnya politeknik maka Kabupaten Tanah Bumbu siap menjadi penghasil SDM yang handal.

Politeknik Industri Batulicin ini akan menjadi politeknik terluas, dimana ITB hanya mempunyai luas lahan 27 ha sementara pemerintah daerah telah menyiapkan lahan seluas 50 ha untuk pendirian Politeknik Industri Batulicin. (Rel/MC.Tanbu)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan