Tanbu Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Peringatan tersebut digelar dihalaman Kantor Bupati, Senin (10/7/2017).
Bertindak selaku pemimpin upacara Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Ir. H. Erno Rudi Handoko. Dihadiri para staf dan pejabat di  jajaran Pemkab Tanbu serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.
Dalam peringatan kali ini ditandai dengan   pelepasan  Burung Merpati sebagai simbol menyatunya manusia dengan alam sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2017 “ Connecting People To Nature”
Selain itu turut diberikan   beberapa penghargaan diantaranya penghargaan  kepada 10   perusahaan atas komitmennya dalam ketaatan pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup serta   penghargaan  pemenang sekolah Adiwiyata Kabupaten Tanah Bumbu.
Kemudian penghargaan kepada sejumlah  petugas kebersihan  teladan atas komitmennya dalam ketaatan pelaksanaan tugas di bidang kebersihan.
 Menteri  Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt. Sekda Tanbu, Erno Rudi Handoko mengatakan  menata hubungan alam dan manusia bukan hanya sekedar pengelolaan sumber daya alam untuk tujuan profit manusia
Lingkungan atau alam memiliki arti besar dan bisa dikatakan menentukan hidup manusia. Kerena fungsi fungsi alam yang bekerja juga manusia sekaligus manusia menjadi bagian dalam landscape ecology alam tersebut.
Fungi-fungsi alam itu lanjutnya meliputi, Pertama fungsi regulasi, terkait dengan kapasitas ekosistem alam untuk mengatur proses ekologis yang esensial untuk menunjang  sistem kehidupan dan sebaliknya juga mempertahankan kesehatan lingkungan dengan menyediakan udara bersih, air dan tanah.
Kedua, fungsi pembawa atau carier dari alam yang menyediakan ruang dan bahan  atau medium yang sesuai untuk aktivitas manusia seperti kebiasaannya, rekrasi dan cocok tanam.
Ketiga, fungsi Produksi alam yang menyediakan berbagai sumberdaya mulai dari pangan, bahan mentah untuk industri, energi sampai kepada material genetik.
Keempat Fungsi Informasi, dimana alam memberi kontribusi kepada manusia untuk kesehatan mental dengan menyediakan kesempatan untuk refleksi, pencerahan spritual, membangun kognitif dan pengalaman estetika.
 “Saya berharap lindungi alam kita,  lindungi Indonesia kita, jaga keaneka ragaman hayati dan budaya, yang berarti kita memberi kontribusi menjaga negara dan bangsa ini. Mari berbuat meski sedikit saja bagi Indonesia kita tercinta,”tutupnya.(WIN)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih