DPD REI Targetkan Bangunan 1 Juta Rumah Bersubsidi

Kepala Bidang Hukum dan Perizinan DPD REI Kalsel, Irwan Bora.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan sejuta rumah bersubsidi yang diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program ini berlaku untuk seluruh Indonesia, tidak terkecuali Provinsi Kalsel.

Untuk merealisasikan program tersebut, DPD Real Esteate Indonesia (REI) Kalsel juga menargetkan pembangunan 11 ribu rumah bersubsidi di provinsi ini. Meski pembangunan berada di angaka 1.500 rumah, namun menurut Kepala Bidang Hukum dan Perizinan DPD REI Kalsel, Irwan Bora, Selasa (6/6), pihaknya optimis bisa merealisasikan hal tersebut.

“Program sejuta rumah bersubsidi ini untuk membantu MBR dari pemerintah. Nah kami di Kalsel menargetkan pembangunan 11 ribu rumah bersubsidi unik masyarakat di daerah. Itu juga sebagai bentuk mendukung program sejuta rumah. Saat ini yang sudah dibangun 1500 rumah. Kami optimis bisa merealisasikan target,” ujar Irwan Bora disela kegiatan buka puasa dan silaturahmi DPD REI Kalsel bersama anak yatim di Swiss Bell Hotel.

Pemilik perusahaan pengambang PT Rizki Alam ini menyatakan, pada tahun 2016 lalu pembangunan rumah bersubsidi hanya 9 ribu. Dan sampai akhir tahun bisa merealisasikannya. Karenanya tahun ini ia juga meyakini bisa merealisasikan.

Hanya saja, bebernya, untuk merealisasikan itu perlu sinergi dengan pemerintah daerah. Mengapa begitu? Perizinan dan sebagainya merupakan kewenangan pemerintah daerah. “Ada beberapa daerah yang belum sepaham untuk bersinergi dengan kami merealisasikan program rumah bersubsidi ini. Makanya kami berharap kawan-kawan di pemerintah daerah bisa mengerti dan memberikan kemudahan. Karena ini demi mewujudkan program sejuta rumah pemerintah pusat. Jangan sampai karena ini kepentingan masyarajat juga perizinan malah dipersulit. Mari bersama-sama kita realisasikan program sejuta rumah yang dicanangkan presiden,” cetusnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pembangunan Setda Prov. Kalsel, Hermansyah Manaf yang juga berhadir pada kesempatan itu menyatakan pemerintah provinsi sangat mendukung pembangunan 11 ribu rumah yang ditargetkan REI Kalsel. “Fokus pembangunan Pa gubernur memang untuk masyarakat kecil, jadi saya kira ini sejalan dengan cita cita pimpinan kami,” ujar Herman yang mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Mc Kalsel / Fuz

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan