Tingkatkan Kesadaran Wanita Indonesia Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Raudatul Jannah Sahbirin menyampaikan sambutannya pada puncak peringatan Hari Kartini tahun 2017, di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Selasa (25/4). MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimatan Selatan melaksanakan puncak peringatan Hari Kartini tahun 2017, di Lapangan Murjani, Banjarbaru, Selasa (25/4). Peringatan Hari Kartini tahun 2017 kali ini turut dihadiri Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla beserta rombongan.

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Raudatul Jannah Sahbirin mengatakan puncak peringatan Hari Kartini tahun ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan.

“Yang menjadi kegiatan utama dalam rangkaian puncak peringatan Hari Kartini tahun 2017 ini adalah deteksi dini kanker serviks dan payudara dengan menggunakan metode IVA Test” katanya.

Pemeriksaan dengan menggunakan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) ini, lanjutnya, telah dilaksanakan sejak tanggal 24 April 2017 dan akan berlanjut selama satu bulan kedepan, yang ditargetkan diikuti sebanyak 2.539 orang.

“Pemeriksaan ini melibatkan 199 petugas kesehatan, mulai dari Dokter Spesialis Obsteric Gynecology (OB-GYN ), Dokter umum, Bidan terlatih, dan mahasiswa kebidanan. Dimana Tim Penggerak PKK baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota hingga tingkat Kelurahan/Desa akan mengkoordinir dan memotivasi wanita di Kalsel untuk bersedia mengikuti pemeriksaan IVA” imbuhnya.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran umum kaum wanita Indonesia betapa pentingnya melakukan deteksi dini terhadap leher rahim dan payudara, “sehingga salah satu permasalahan wanita di Indonesia bisa dicegah sedini mungkin” jelas Raudatul.

Selain kegiatan deteksi dini kanker serviks dan payudara, puncak peringatan Hari Kartini tahun 2017 ini juga dirangkai dengan kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan ke PAUD Tunas Bangsa yang merupakan binaan dari Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel, pameran atau bazar dari Dekranasda dan organisasi wanita se-Kalsel, serta penyuluhan bahaya narkoba, pornografi yang diikuti sebanyak 1200 orang pelajar dari tingkat SLTP dan SLTA sederajat. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih