Tanbu Peringati Haul Akbar Puang Haji Toa

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) turut memperingati Haul Akbar Puang Haji Toa di Kubah setempat Desa Barugelang Kecamatan Kusan Hilir (19/3/2017).
Haul dihadiri ratusan warga Kecamatan Hilir dan sekitarnya.
Turut hadir sejumlah  ulama dan  jajaran Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemkab Tanbu.
Acara ditandai dengan gema Maulid Habsy  Nabi Muhammad SAW. Dilanjutkan dengan pembacaan Manaqib Haji Puang Toa serta tahlil bersama. Kemudian dilanjutkan dengan Tausyiah oleh Ustad Khairudin.
Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melalui Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga  Nahrul Fajeri dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Daerah turut menyambut baik dilaksanakannya acara Haul Akbar Puang Haji Toa.
“Beliau merupakan tokoh besar  penyebar Dakwah Islam serta menjadi panutan di kota Pagatan,” sebutnya.
Untuk itu sambungnya, melalui haulan ini dapat dijadikan sebuah momentum dalam mengenang jasa Dakwah tersebut. Sebagai bentuk pengabdian dan  pelestarian  syiar Islam di daerah.
“Mari pula kita jadikan momentum ini sebagai bentuk pengabdian kita kepada daerah melalui persaudaraan dan  ukhuwah islamiah dalam mendorong terciptanya kedamaian di Bumi Bersujud, “tutupnya.

Puang Haji Toa  bernama H. Muhammad Sholeh merupakan tokoh ulama  kota Pagatan. Berdasarkan silsilah, Puang merupakan keturunan dari salah seorang pendakwah Islam di Kawasan Pesisir Tanah Bumbu yaitu Petta Palakka.(Win/MC.Tanbu)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *