Ekonomi Kalsel Tumbuh Sebesar 4,08 Persen

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalsel, Diah Utami menjelaskan Pertubuhan Ekonomi Kalsel Triwulan I-2019 pada acara jumpa pers di Aula Kantor BPS Prov. Kalsel, Banjarbaru, Senin (6/5/2019). MC Kalsel/tgh

Badan pusat statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Selatan merilis pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan Triwulan I-2019 di Aula kantor BPS Prov. Kalsel, Banjarbaru, Senin (6/5/2019).

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalsel, Diah Utami mengatakan perekonomian Kalsel pada triwulan I-2019 diukur dari besarnya produk domestik regional bruto (PDRB) mencapai Rp 41,70 triliun.

“Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (yoy) maka nilai ini mengalami pertumbuhan sebesar 4,08 persen, ” ungkapnya.

Hal tersebut disebabkan lapangan usaha dominan di Kalsel mengalami kontraksi yaitu pertambangan dan penggalian sebesar 19,81 persen, industry pengolahan sebesar 13,86 persen, pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 12,52 persen, dan perdagangan besar dan eceran reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 10,36 persen.

Dari sisi produksi, secara yoy triwulan I tahun 2019 mengalami pertumbuhan tertinggi dicapai oleh kategori perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor.

“Sedangkan dari sisi pengeluaran pertumbuhan terbesar terjadi pada komponen pengeluaran konsumsi LNPRT yang mencapai 11,83,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih