Serahkan Bantuan pada Korban Angin Puting Beliung di Sungai Andai

Tim Tagana serahkan bantuan tanggap darurat. Dinsos Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel memberikan bantuan tanggap darurat korban bencana angin puting beliung di Sungai Andai Komplek Jeruk Purut 9 Banjarmasin yang terjadi Minggu (25/12) pukul 17.30 WITA kemarin.

Plt Kepala Dinsos Kalsel Muhammadun, melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel Achmadi menyebutkan dua buah rumah rata dengan tanah dikarenakan diterpa angin kencang.

“Kejadian terjadi pada sore hari kemarin tadi, dan sesuai arahan Pak Gubernur Sahbirin Noor, kita langsung bergerak cepat memberikan bantuan tanggap darurat kepada korban angin puting beliung,” kata Achmadi, Banjarmasin, Senin (26/12/2022).

Dari empat buah rumah yang hancur tersebut, dijelaskan Achmadi, terdapat empat KK dan 11 jiwa harus kehilangan tempat tinggalnya dimana sebelum rumah itu ambruk akibat diterjang angin puting beliung disertai hujan cukup deras hingga rumah tersebut ambruk mengenai rumah lainnya.

“Bantuan yang kita serahkan berupa makanan anak, family kit, food ware, peralatan dapur keluarga, selimut, kasur, matras, tenda gulung, sandang dewasa, makanan siap saji, kids ware, lauk pauk siap saji, gula, mie instan, teh, sarden, kopi serta pakaian lansia,” ucap Achmadi.

Ditambahkannya, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, akan tetapi kerugian material berupa satu bangunan rumah dan menimpa rumah tetangga.

“Dari laporan warga sekitar, usai kejadian ketika dua rumah dihantam puting beliung, para penghuni bisa menyelamatkan diri. Dan saat ini korban masih melakukan evakuasi beberapa barang yang ada dalam rumah roboh,” kata Achmadi.

Dirinya pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada terhadap cuaca ekstrem yang melanda seluruh wilayah di Kalimantan Selatan yang bisa datang kapan saja. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai