Peringati HPN 2020, Kemenkominfo Sinergikan Program Menuju Indonesia Maju

Suasana Rapat Kerja Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) 2020 di salah satu hotel berbintang, Banjarmasin, Jumat (7/2/2020). MC Kalsel/scw

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar Rapat Kerja Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) 2020 dengan mengusung tema “Melalui Raker Askompsi 2020 Kita Wujudkan Sinergitas Program Pusat Daerah Menuju Indonesia Maju” bertempat di salah satu hotel berbintang, Banjarmasin, Jumat (7/2/2020).

Direktur Eksekutif Askompsi, Eddy Santoso mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut untuk mensinergikan program pusat dengan daerah.

“Perlu sinergitas antar seluruh Diskominfo se-Indonesia, Kominfo harus menyelesaikan persoalannya sendiri terlebih dahulu, dan pemerintah pusat harus mewujudkan satu data di daerah,” ucapnya.

Saat ini, aplikasi di daerah belum sepenuhnya terkoneksi dengan SPBE, sedangkan pemerintah pusat harus mewujudkan satu data.

“Untuk itu persandian yang belum memiliki SDM yang berkompeten, maka pemerintah pusat perlu membagi anggaran ke daerah untuk pembuatan command center, internet gratis dan fasilitas lainnya dengan memanfaatkan SDM yang ada di daerah,” katanya.

Jadi, menurut Eddy, regulasi yang harus ditelaah kembali mengenai satu data di daerah, terkait komitmen untuk permasalahan anggaran untuk menjalankan program yang telah ditugaskan oleh pemerintah pusat.

“Jadi program Diskominfo harus dipresentasikan kepada Gubernur terlebih dahulu agar mendapat dukungan serta apresiasi dari kepala daerah,” pungkasnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *